Anggrek cattleya seperti dendrobium. Masuk golongan berbatang simpodial. Dimana pertumbuhan ujung-ujung batangnya terbatas. Membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan. Cattleya mempunyai pola tumbuh horisontal, seperti tumbuhan merambat. Batang tumbuhnya disebut rhizome. Anggrek cattleya merupakan anggrek simpodial yang pseudobulbnya berbentuk batang, dengan tangkai bunga muncul pada ujung batangnya.

Anggrek cattleya merupakan jenis bunga anggrek yang mempunyai bunga lumayan besar antara 5 cm – 15 cm dan dapat hidup di daerah panas dan dingin. Anggrek ini mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda. Dapat dilihat langsung dari bentuk daunnya. Apabila daunnya lebar dan pendek maka anggrek cattleya sering berbunga. Dan apabila daunnya sempit dan panjang maka anggrek cattleya tersebut jarang berbunga.

Bermacam cattleya mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari bentuk daunnya. Bila daunnya lebar dan pendek menandakan anggrek cattleya tersebut rajin berbunga. Dan sebaliknya bila daunnya sempit dan panjang menandakan anggrek cattleya tersebut malas berbunga. 

Cara merawat anggrek cattleya

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek cattleya, antara lain sebagai berikut:

Pemupukan

Berikan pupuk penyubur dan perangsang bunga seminggu sekali. Pemupukan dari fase pertumbuhan seperti bibit hingga remaja dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 25:5:20 dan 30:10:10. Menjelang hingga dewasa dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 13:27:27, 10:55:10 atau 10:40:15. Pemupukan dengan pupuk NPK yang dilarutkan kedalam air dan disiramkan, bisa ditambahkan pupuk daun cair. Interval pemupukannya adalah dua minggu sekali.

Mengganti pot dan media tanam (Repotting)

Agar anggrek cattleya cepat berbunga, pisahkan rumpun yng terlalu rapat. Penggantian pot dan media tanam bisa dilakukan 1 smpa 2 tahun sekali. Tujuannya mengganti media tanam adalah mempertahankan keasaman media. Anggrek cattleya membutuhkan tingkat keasaman (PH) normal sekitar 7ph.

Cahaya Matahari

Anggrek cattleya memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhan dan pembungaan. Factor kurangnya cahaya menjadi sebab utama gagalnya proses pembungaan. Intensitas cahaya matahari untuk cattleya berkisar 2000 – 2500 fc.

Pengaturan intensitas cahaya dapat dilakukan dengan cara pemberian naungan dari paranet aatau sejenisnya. Namun, cattleya dapat tumbuh dengan intensita cahaya 7000 – 1000 fc meskipun pertumbuhannya lambat dan hanya menghasilkan sedikit bunga. Jika suhu tinggi, sebaiknya intensitas cahaya diatur supaya lebih rendah atau sebaiknya. Intensitas cahaya dapat diukur dengan alat pengukur cahaya (light meter).

Kelembaban

Anggrek cattleya tergolong anggrek yang sedikit lebih tahan terhadap kekeringan karena pseudobulbnya yang cukup besar. kelembaban udara disekitar tempat penanaman anggrek dapat diatur dengan cara penyemprotan air. Pada musim hujan, anggrek cattleya membutuhkan sedikit air karena proses penguapan cukup rendah. Sebaliknya, jika kelembaban di sekitar empat penanaman rendah maka perlu dilakukan penyemprotan air dengan bantuan sprayer untuk menghindari kekeringan pada anggrek.

Umumnya anggrek dapat hidup baik bila kelembaban udara tidak lebih dari 80% pada siang hari dan tidak kurang 50% pada malam hari. Cara lain untuk mendapatkan kelembaban di lokasi penanaman adalah dengan cara membuat kolam di bawah rak penanaman.

Suhu

Anggrek cattleya tumbuh paling ideal pada suhu antara 14-29℃, yaitu 12,8-15,6℃ pada malam hari dan 23,9-29,4℃ pada siang hari. Selain peka terhadap cahaya serta perbedaan suhu antara siang dan malam. Cattleya juga peka terhadap ransangan fotoperiodisitas sehingga musim berbunga dipengaruhi oleh suhu dan lama penyinaran.

Untuk menciptakan suhu ideal, penanaman dapat dilakukan dalam greenhouse atau rumah kaca yang dilengkapi dengan alat pengatur suhu dan alat pelembapan udara. Namun, pengadaan sarana rsebut tentunya membutuhkan tambahan biaya.

Itulah informasi dari kami tentang cara menanam anggrek cattleya. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya