Anggrek vanda memiliki bentuk daun panjang, ada yang lebar, sempit, dan tebal. Warna bunga anggrek Vanda sangat bervariasi, baik dari kecerahan maupun ketajaman warnanya. Ukuran tanaman anggrek vanda dari yang kecil hingga yang besar. Anggrek vanda hibrida, yaitu persilangan dari anggrek vanda spesies yang memiliki variasi warna bunga yang lebih menarik. Terdapat warna garis-garis atau bitnik-bintik yang sangat indah pada segmen-segmen bunga. Anggrek Vanda banyak disenangi karena keindahan dan kecantikan bunganya oleh para pecinta tanaman hias.





Anggrek vanda sebagai anggrek tropis membutuhkan sinar matahari penuh dan kelembaban yang cukup. Pada daerah tropis sering kali terjadi kondisi cuaca yang ekstrem. Hujan deras yang terus menerus, angina yang bertiup kencang, dan panas yang berkepanjangan. Kondisi seperti ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan pembungaan. Akibatnya tanaman menjadi tidak subr kuantitas dan kualita bunga menurn, bunga mudah sekali layu dan rontok. Rontok bunga yang dimaksud adalah kerontokan bunga anggrek vanda yang tidak semestinya, tidak sewajarnya atau kerontokan bunga bukan secara alamiah.

Beberapa cara mengaasi kerontokan bunga anggrek vanda, antara lain sebagai berikut :

Hama dan Penyakit

Hama pada tanaman anggrek vanda seperti kutu, semut, kumbang, siput akan merusak dengan memakan bagian tanaman yaitu daun, tunas daun, bunga dan kuncup bunga. Dan ada juga yang menghisap cairan pada daun muda atau tangkai bunga. Akibat serangan hama tersebut, helaian daun atau bunga menadi robek dan bunga menadi cepat layu. Sedangkan serangan penyakit banyak disebabkan oleh jamur, yang menyebabkan bercak-bercak coklat pada kuntum bunga, yang menjadikan bunga cepat busuk.

Mengatasi hama dan penyakit, lebih baik dengan pencegahan. Yaitu dengan melakukan penyemprotan pestisida secara rutin, terjadwal dan sesuai dosis. Penyemprotan pestisida yang berlebihan bisa menyebabkan daun dan bunga gosong seperti terbakar, sehingga bunga juga akan cepat rontok.

Pemupukan

Daya tahan bunga, yaitu cepat atau lambatnya bunga rontok dipengaruhi oleh kesuburan dan kesehatan tanaman sebelum berbunga, dan dipengaruhi juga oleh nutrisi yang tersedia dalam media tanamnya. Tanaman yang sehat, subur dan asupan nutrisi yang cukup akan membuat kuntum bunga banyak dan bunga tahan lama. Ketersediaan unsur hara makro dan mikro pada tanaman akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas bunga. Unsur hara yang ada pada media tanam tidak akan mencukupi, oleh karena itu kekurangannya dipenuhi oleh pemupukan. Pemupukan mutlak diperlukan dalam budidaya tanaman anggrek, termasuk anggrek vanda. Disarankan menggunakan pupuk majemuk lebih dari dua jenis pupuk majemuk yang berbeda secara bergantian. Tujuannya agar kandungan unsur-unsur hara mikro semakin lengkap, sehingga dapat mendorong pertumbuhan dan pembungaan anggrek vanda lebih baik.

Cuaca

Suhu udara yang sangat tinggi saat musim kemarau dapat menyebabkan terganggunya proses fisiologi karena penguapan yang berlebihan. Tanaman akan banyak kehilangan cairan, sehingga bunga menjadi cepat layu, berkerut dan akhirnya rontok. Untuk mengatasi hal yang demikian, disekitar penanaman anggrek vanda, dibuatkan kolam-kolam kecil, atau disekitar penanaman sering di siram. Sehingga kelembaban lingkungan penanaman anggrek vanda tersebut meningkat, yang mana akan mengurangi proses penguapan. Angin yang bertiup lembut, cocok untuk pertumbuhan tanaman anggrek, termasuk anggrek vanda. Sebaliknya angin yang bertiup kencang dapat menyebabkan stikma atau kepala putik menjadi kering, dan bunga akan layu. Angin yang kencang juga beresiko mematahkan tangkai bunga, terutama tangkai bunga baru.

Cuaca sangat berhubungan dengan musim hujan, suhu dan kelembaban. Ke tiga hal ini bila tidak sewajarnya akan menyebabkan rontoknya bunga anggrek vanda sebelum waktunya. Hujan yang turun terus menerus, menyebabkan aerasi udara terganggu. Sehingga proses fotosintesa menjadi terhambat. Akibatnya bunga mudah rontok. Hujan turun yang lebat berkepanjangan juga menyebabkan robeknya sepal dan petal bunga vanda daun. Mengingat vanda daun memiliki sepal dan petal yang lebar. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya menempatkan anggrek vanda didalam rumah lindung. Bagi hobiis yang mengoleksi beberapa tanaman dapat membuatkan sedikit naungan diteras rumah.

Itulah informasi dari kami tentang cara mengatasi kerontokan bunga anggrek vanda. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya