Anggrek Vanda merupakan salah satu jenis anggrek dari keluarga Orchideceae yang sering dicari para pecinta tanaman hias. Anggrek Vanda diperkirakan berjumlah kurang lebih 40 spesies yang tersebar mulai dari India bagian timur, Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Filiphina, Indochina, Malaysia, Indonesia hingga Australia. Dari 40 species yang ada, sekitar 20 species berada di kepulauan Indonesia yang meyebar di hutan-hutan tropis di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku dan Papua.Anggrek Vanda merupakan anggrek yang cukup bisa beradaptasi dengan baik diberbagai tempat, sehingga dapat dibudidayakan diberbagai belahan dunia.

Secara etimologi kata vanda berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti indah. Species vanda pertama kali ditemukan oleh William Roxburgh pada tahun 1795 yang diberi nama oleh Sir W. Jones sebagai Vanda tessellata Roxb. Anggrek vanda adalah angrek monopodial (anggrek yang batang utamanya tumbuh terus-menerus ke atas tanpa batas) yang hidup di daerah tropis/subtropis dan merupakan jenis anggrek yang mudah dirawat. Habitat aslinya tumbuh di atas tanah (terestrial) dan ada pula yang hidup menempel pada batang-batang pohon sebagai tanaman epifit.

Secara klasifikasi ilmiah, urutan anggrek vanda sebagai berikut antara lain:

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Spermatophyta

Subdivisi         : Angiospermae

Class                : Monocotyledoneae

Ordo                : Orchidales

Family             : Orchidaceae

Subfamily        : Epidendroideae

Suku                : Vandinae

Subtribe           : Aeridinae

Genus              : Vanda

 

Berikut beberapa klasifikasi bunga Anggrek Vanda antara lain:

ü  Akar

Anggrek vanda memiliki akar bervelamen, artinya adalah akar yang bagian luarnya terlihat transparan yang terbagi atas beberapa lapis dan beberapa sel serta memiliki rongga. Akar anggrek vanda memiliki daging bentuk yang silindris, sifatnya lunak jika dibengkokkan akan patah dan bagian ujung akarnya runcing. Akar anggrek vanda yang bagus adalah yang bisa mengalirkan zat hara dari dalam tanah ke seluruh bagian tanaman, sedangkan akar yang tidak sehat akan menyebabkan tanaman itu mati dan tidak akan lagi menghantarkan zat hara ke dalam tanaman.

ü  Batang

Anggrek vanda memiliki batang monopidal, yang artinya tanaman hias ini memiliki batang utama yang pertumbuhannya ke atas dan tidak terbatas. Batang anggrek vanda bentuknya ramping, tegak lurus, dan tidak berumbi. Apabila bunga akan tumbuh, maka pada sisi batang akn tumbuh tangkai. Pertumbuhan tangkai bunga secara bergantian tidak secara sekaligus.

ü  Buah dan biji

Anggrek vanda memiliki buah dengan panjang 7 sampai 10 cm. Biji anggrek vanda berukuran sangat kecil dan halus seperti tepung yang terdapat didalam buah. Biji anggrek vanda bukan biji yang sempurna karena tidak memiliki cadangan makanan (endosperm) untuk pertumbuhan embrionya, sehingga untuk mengecambahkan biji-biji tersebut harus menggunakan mikoriza, yang menyediakan zat gula sebagai makan biji-biji tersebut. Jika pengencambahan dilakukan secara buatan maka teknik yang tepat adalah teknik in vitro.

ü  Daun

Anggrek vanda memiliki daun yang berbentuk linear (pita) sampai lanset (lanceolate) dengan ujung daunnya yang runcing.  Secara umum, daun anggrek vanda tumbuh secara berselang seling serta berhadap-hadapan antara daun yang satu dengan daun lainnya. Daun anggrek vanda dibagi menjadi tiga kelompok antara lain:

-          Vanda teret

-          Vanda semi teret

-          Vanda berdaun lebar

ü  Bunga

Anggrek vanda memiliki bunga yang tersusun membentuk satu rangkaian terdiri dari 1 sampi 15 kuntum bunga. Bunga anggrek vanda memiliki warna bunga dan ukuran yang beragam. Warna bunganya seperti biru, ungu, kuning, merah, putih, bintik-bintik maupun bergaris. Ukuran kuntumnya mulai dari ukuran sedang sampai yang besar.



Bagian bunga anggrek vanda antara lain:

-          Sepal

-          Petal

-          Stamen

-          Pistil

-          Ovari

-          Labellum

Pada bagian tengah bunga terdapat alat reproduksi betina dan jantan. Alat reproduksi betina terletak di bawah coloumn, sepal, petal dan menyatu dengan dasar bunga, sedangkan alat reproduksi jantan mengandung serbuk sari yang berwarna kuning tertutup oleh anther cap.

Itulah sedikit informasi dari kami tentang Anggrek Vandayang menjadi primadona dikalangan para pecinta tanaman anggrek. Terimakasih kepada para pembaca dan semoga bisa menambah sedikit wawasan dan pengetahuan tentang bunga Anggrek Vanda.

Apakah Anda salah satu pecinta Anggrek ? Dan masih bingung belinya dimana?

Tidak perlu repot mencari bibit bunga Anggrek bagus dimana. 

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit bunga Anggrek unggulan untuk bibit kebun Anggrek Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya