Tingkat kekayaan plasma nutfah anggrek di Indonesia terbesar kedua setelah Brazil. Dari sekitar 26.000 spesies anggrek di seluruh dunia, sekitar 5.000 hingga 6.000 jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Tidak sedikit diantara macam spesies anggrek itu yang merupakan jenis-jenis anggrek endemic Indonesia.

Hingga kini jumlah spesies anggrek di Indonesia semakin bertambah dengan ters ditemukannya spesies-spesies baru. Pada awal 2010 lalu, LIPI menemukan beberapa jenis spesies anggrek baru di Kalimantan. Spesies ini antara lain Dendrobium kelamense D.Metusala, P.O Byrne dan J.J Wood, yang sebagaimana telah dipublikasikan di jurnal intenasionl Malesian Orchid Journal edisi Maret 2010.

Namun kekayaan plasma nutfah anggrek di Indonesia semakin terancam. Banyak spesies anggrek yang semakin langka bahkan disinyalir punah di Indonesia. Semakin langkanya, bahkan musnah beberapa jenis anggrek diakibatkan oleh malaknya pembalakan liar, kebakaran hutan dan aksi perburuan oleh para penggemar anggrek yang tidak memperhatikan aspek pelestarian di alam aslinya.

Diantara banyaknya anggrek di Indonesia, ada beberapa spesies anggrek langka yang dilindungi. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Spesies anggrek yang dilindungi antara lain sebagai berikut :

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan bunga yang berasal dari Kalimantan dan Papua. Masing-masing anggrek yang berasal dari kedua daerah tersebut juga memiliki perbedaan. Pada Anggrek Hitam Kalimantan kelopaknya berwarna hijau serta putiknya berwarna hitam. Sementara Anggrek Hitam Papua bagian putiknya berwarna cerah.

Bunga endemik Indonesia ini biasanua tumbuh di pepohonan dan bebatuan. Namun saat ini keberadaannya sulit untuk ditemukan lagi, mengingat bunga ini menjadi salah satu bunga langka di Indonesia.

Anggrek Hartinah

Bunga dengan nama ilmiah Cymbidium Hartinahiahium memiliki bentuk dan rupa yang sangat indah, sehingga banyak pengoleksi tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan di rumah. Anggrek Hartinah dikabarkan banyak tumbuh di pulau Sumatra pada era 1976. Namun saat ini bunga hartinah mulai sulit untuk ditemukan.

Penamaan anggrek hartinah berasal dari istri mantan Presiden Soeharto. Oleh sebab itu, terkadang bunga ini juga disebut sebagai bunga Tien Soeharto. Ciri dari bunga anggrek spesial ini adalah daunnya yang berbentuk seperti pita runcing, serta bunganya mirip seperti bintang dan memiliki kelopak berwarna merah kecoklatan. Selain itu, terdapat semburat warna kuning di bagian tepi kelopak membuatnya semakin menarik.

Anggrek Bulan



Anggrek Bulan adalah bunga yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu puspa pesona Indonesia. Di beberapa tempat di Indonesia, anggrek ini juga dijuluki Anggrek Wulan, Anggrek Terbang dan Anggrek Menur.

Bunga ini pertama kali ditemukan di Maluku. Anggrek Bulan memilki ciri kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih, berdaun hijau panjang, akar berdaging, serta aroma wangi ketika bunganya bermekaran. Saat ini bunga Anggrek Bulan termasuk dalam daftar bunga langka di Indonesia. Upaya yang banyak dilakukan adalah melalui pembudidayaan agar populasinya tetap lestari.

Anggrek Tebu



Dibanding jenis bunga anggrek lainnya, anggrek tebu memiliki ukuran yang cukup besar dan berat, batangnya juga mirip seperti tebu. Bunga ini dapat tumbuh mencapai 4 meter dan berat 4 ton. Selain mempunyai nama anggrek tebu, bunga ini juga disebut dengan anggrek harimau karena coraknya menyerupai loreng harimau.

Anggrek Pensil



Anggrek endemik Indonesia ini memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata dan pertama kali ditemukan di daerah Labuan, Kalimantan. Karakteristik bunga anggrek pensil adalah akar bulat yang keluar dari batang dan memiliki warna hijau. Anggrek Pensil merupakan salah satu bunga anggrek langka di Indonesia.

Anggrek Larat



Anggre Cooktown merupakan nama latin dari Anggrek Larat. Bunga asli Indonesia ini berasal dari kepulauan Larat, Maluku dan menjadi bunga identitas Maluku. Ciri bunga anggrek larat adalah diameter batangnya yang semakin kecil keatas. Habitat tumbuhnya berada pada daerah panas dengan ketinggian 0 hingga 150 meter diatas permukaan laut.

Anggrek Kebutan



Nama ilmiah anggrek kebutan adalah Ascocentrum miniatum. Bukan karena sering kebut-kebutan lantas diberi nama kebutan ya. Anggrek dengan warna oranye ini sangat indah karena berkerumunnya banyak bunga dalam satu tangkai. Tapi ingat ya, ini anggrek langka, keberadaannya dilindungi negara. Sebagai warga negara yang baik, harus menjaga kelestarian alam agar anggrek ini tidak punah dari dunia.

 

Anggrek Sendok



Anggrek sendok memiliki nama latin Spathoglottis zurea. Bunganya berwarna kuning cerah dengan sedikit warna putih dan corak merah dibagian tengahnya.

 

Anggrek Jamrud




Anggrek jamrud memiliki nama latin Dendrobium macrophyllum. Bunganya memiliki bulu seperti buah rambutan. Bagian luarnya seperti kulit rambutan dan bagian dalam masih terdapat kelopak.

 

Anggrek Ki Aksara



Anggrek ki aksara nama latinnya adalah Macodes petola. Tanaman anggreknya berwarna hijau dan ada motif seperti kilatan petir. Bunganya memiliki ukuran yang kecil mungil.

Anggrek Jingga



Nama ilmiah anggrek jingga adalah Renanthera matutina. Memiliki warna jingga dan terdapat motif titik-titik seperti macan tutul.

Anggrek Struberi

Anggrek stuberi memiliki nama ilmiah Dendrobium lasianthera. Warnanya perpaduan antara ungu, kuning dan putih. Kelopaknya memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari yang lainnya, bentuknya spiral.

Anggrek Kasut Kumis



Nama ilmiah anggrek kasut kumis adalah Paphiopedilum chamberlainianum.Bunga anggrek yang satu ini memiliki bentuk seperti kantung semar dan berbulu. Mungkin karena anggrek ini berbulu jadi namanya anggrek kasut kumis. Warna bunganya perpaduan antara hijau dan ungu, sangat cocok dan indah.

Anggrek Bulan Kalimantan Barat



Nama ilmiah dari anggrek bulan Kalimantan Barat adalah Paraphalaenopsis serpentilingua. Memiliki bunga berwarna putih dan ada corak berwarna kuning dan merah. Bunga anggrek yang satu ini terlihat memesona dengan perpaduan warna dan bentuknya.

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek yang dilindungi. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya