Anggrek dendrobium masuk dalam kelompok anggrek epifit. Nggrek dendrobium memiliki kombinasi warna yang paling banyak variasinya. Dari hasil para penyilang, baik di dalam negeri maupun di luar. Anggrek dendrobium banyak sekali yang menggemari karena harganya terjangkau. Anggrek dendrobium memiliki berbagai jenis seperti anggrek dendrobium spesies dan anggrek dendrobium hybrid. Berikut adalah jenis anggrek dendrobium yang perlu kita ketahui :

  • Dendrobium Agregatum
  • Dendrobium Arosmum
  • Dendrobium Antennatum
  • Dendrobium Aphyllum
  • Dendrobium Archipilangense
  • Dendrobium Bifalce
  • Dendrobium Bracteosum
  • Dendrobium Capituliforum
  • Dendrobium Finisterae

 

Cara Merawat Anggrek Dendrobium

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek dendrobium antara lain sebagai berikut :

Anggrek dendrobium menyukai ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang lancer dan sejuk. Jika ruangan di rumah memiliki udara yang buruk maka harus menggunakan kipas angis untuk memberikan kesejukan pada bunga anggrek.

Anggrek dendrobium lebih menyukai cahaya matahari dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan 50% - 60% sehingga diperlukan naungan seperti terasrumah, paranet, dan di bawah pohon. Dengan temperature 28℃ dan 32℃ dan kelembaban 50% untuk mencegah kekurangan pada bunga, maka anggrek dendrobium akan tumbuh baik.

Bila kondisi mendung anggcukup disiram satu kali saja. Penyiraman dapat dilakukan sehari 2 kali. Saat pagi pukul 09.00 dan sore pukul 15.00. jangan melakukan penyiraman terlalu pagi atau terlalu sore. Hal ini akan meningkatkan kelembaban yang akan berpotensi pertumbuhan jamu. Ciri anggrek dendrobium yang cukup air batang kokoh dan padat, jika kekurangan air batangnya akan kisut.

Anggrek dendrobium perlu dilakukan pemupukan dua minggu sekali dengan pupuk yang tinggi unsur Nitrogen (N), Phospor (P), dan Kalium (K) dengan ditunjang dengan pupuk daun yang disepray. Cara pemupukannya dilarutkan dalam air dan disiramkan pada akar-akarnya.

Anggrek dendrobium perlu disemprotkan insektisida dan fungisida untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit. Penyemptotan dilakukan satu kali dalam seminggu sesuai dosis obat yang digunakan. Sebaiknya penyemprotan dilakukan saat sore hari.

Cara Memperbanyak Anggrek Dendrobium

Cara memperbanyak bunga anggrek dendrobium cukup mudah tanpa menggunakan teknologi, caranya dengan melakukan vegetative dan memanfaatkan batang anggrek yang tidk berdaun.

Pada saat anggrek dendrobium berbunga, setelah berlama-lama daun mulai rontok tidak berdaun. Batang anggrek dendrobium yang mati bisa tumbuh anak anggrek seperti induknya. Caranya dengan memotong bagian pangkal batang dendrobium, potongan batang tersebut direndam selama 5 – 10 menit di larutan air 1 (satu) sendok the fungsida dan 2 (dua) liter air. Selanjutnya, keringkan batang lalu jemur ditempat yang teduh serta terhindar dari sinar matahari langsung.

Batang anggrek dendrobium perlu dijaga kelembabannya dengan penyiraman dua kal sehari, jika hujan tidak perlu disiram. Berikan larutan vitamin B1 dengan takaran satu sendok teh dan dua liter air seminggu dua kali.

Setelah batang dendrobium besar dipindahkan pada media tanam sampai berbunga. Agar tunas cepat tumbuh pada bagian buku batang oleskan zat perangsang. Cara memperbanyak anggrek dendrobium batang tidak harus diikat, posisikan batang anggrek dendrobium pada posisi terbalik dan posisinya jangan diubah karena untuk proses konsentrasi cadangan makanan dan energy akan terkumpul pada ujung batang sampa muncul tunas.

 

Itulah informasi dari kami tentang cara merawat dan memperbanyak anggrek dendrobium. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya