Anggrek vanda termasuk kategori monopodial atau anggrek yang memiliki batang utama yang terus tmbuh ke atas. Namun ada beberapa jenis yang termasuk anggrek terrestrial dan anggrek epipit. Berikut ini jenis-jenis anggrek vanda, antara lain :

  • Anggrek Vanda Coerulea

Vanda coerulea, umumnya dikenal sebagai anggrek biru, vanda biru atau rambut wanita musim gugur, adalah spesies anggrek yang ditemukan di Assam dan perbukitan Khasi yang berdekatan dengan jangkauannya yang meluas ke Cina (Yunnan selatan). Memiliki bunga berwarna ungu kebiruan (Thelymitra crinita merupakan satu-satunya anggrek yang memiliki bunga berwarna biru sejati) yang sangat tahan lama dibandingkan dengan anggrek lainnya. Tanaman ini menanggung hingga 20 hingga 30 paku. Vanda coerulea dapat melawan tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat. Air perasan bunga vanda ini bisa digunakan sebagi obat tetes mata untuk glaucoma,kebutaan, dan katarak.

  • Anggrek Vanda Tricolor

Anggrek vanda tricolor disebut juga anggrek macan. Anggrek hias ini sangat dikenal oleh masyarakat Jawa dan Bali. Anggrek vanda tricolor memiliki batang yang bundar, kokoh, dan panjang. Anggrek vanda tricolor merupakan spesies anggrek endemic dikawasan lereng Gunung Merapi. Tinggi tanaman dapat mencapai 2 meter, berbentu pita agak melengkung dengan ujung daun rumpang bersudut tajam sengan lebar sekitar krang lebih 3 centimeter dan panjang mencapai 45 centimeter, tersusun saling bergantian pada batang yang tumbuh tegak. Tandan bunga bisa mencapai 50 centimeter yang menyangga 10-20 kuntum bunga yang muncul dari ketiak daun, sepal dan petal berwarna dasar antara putih dan kuning dengan corak totol berwarna cokelat hingga kuning, dengan totol merah keunguan.

  • Anggrek Vanda Cokelat



Anggrek vanda cokelat hidup di daerah kering dan hangat, ketinggalan sekitar 700 meter, diatas permukaan laut, di daerah Jawa, di pulau-pulau Alor, dan Pantar. Sepal dan petalnya berbentuk oval yang tepinya berwarna putih atau kuning pucat dengan bitnik-bintik berwarna coklat atau coklat kemerah-merahan. Bibirnya berwarna merah muda dengan panjangnya kira-kira 2 centimeter, dibagi atas tiga bagian: dua berbentuk sempit dan bagian pusat berbentuk bulat. Anggrek vanda berbunga pada bulan Juli. Anggrek ini dapat diperbanyak dengan pembibitan dan cloning. Di lingkungan alam tempat tumbuhnya. Vanda cokelat tumbuh tergantung di tangkai-tangkai pohon di hutan.

  • Anggrek Genta Bandung



Vanda adalah marga tumbuhan monokotil dari suku Orchidaceae,marga atau famiili anggrek vanda. Dengan kata lain anggrek Genta Bandung merupakan tanaman hasil budidaya anggrek yang berguna untuk menghasilkan spesies anggrek yang unggul. Anggrek hibrida atau anggrek hasil perkawinan silang ini mudah ditemukan di pasar bunga, dijual murah dan mudah dibudidayakan. Hibrida ini direkomendasikan bagi para pecinta bunga karena produksinya tidak tergantung musim.


Itulah informasi dari kami tentang jenis-jenis anggrek vanda. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

 untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya