Tips dan Trik Merawat Anggrek

“Selamatkan tumbuhan untuk selamatkan dunia”, maksud slogan ini adalah kita harus memulai langkah penyelamatan dunia dengan menyelamatkan tumbuhan terlebih dahlu. Merawat tumbuhan sejenis bunga juga bisa dikatakan menyelamatkan tumbuhan. Merawat bunga dilakukan secara rutin agar bunga atau tanaman yang kita tanam tetap hidup dan sehat juga terhindar dari hama dan kematian. Merawat bunga tidaklah sesulit yang dibayangkan tapi harus konsisten dilakukan.

Perawatan pada bunga berbeda tergantung jenis bunganya, ada bunga yang suka air dan tidak suka air dan ada bunganya yang suka terik matahari serta ada yang tidak suka teriknya matahari. Sehingga merawat tanaman tidak boleh sembarangan, harus ada trik dan tipsnya juga.

Salah satu merawat tanaman yang tidak boleh sembarangan yaitu Anggrek. Bunga cantik dan popular dikalangan orang-orang ini sangat rentan akan cuaca dan takaran air yang diberikan setiap harinya, seperti pernyataan di atas, bahwa setiap bunga memiliki perawatan masing-masing.



Ada beberapa tips dan trik untuk merawat Anggrek, antara lain sebagai berikut :

Rutin menyiram anggrek.

Menyiram bunga anggrek disarankan mulai pukul 07.00 sampai 09.00 pagi dan sore hari mulai pukul 15.00 sampai 17.00. Jangan menyiram dengan air yang terlalu banyak karena akan merusak struktur tanaman, akar anggrek bisa busuk dan mati. Para ahli mengatakan bahwa lebih banyak anggrek mati karena penyiraman yang salah ketimbang penyebab yang lain. Sebelumnya periksa pot anggrek, jika campuran pot kering dan pot terasa ringan makan harus disiram.

Media tanam mudah dialiri air.

Memilih media tanam yang tepat agar mudah dialiri air seperti pohon tipis atau lumut. Media tanam tersusun 2 sisi agar bunga anggrek terlihat sehat dan berbunga banyak. Susunan terebut terdiri dari potongan batu bata yang mengisi 1/3 sisi bawah dan pakis mengisi 2/3 sisanya.

Berikan pupuk.

Pupuk merupakan makanan bernutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh besar. ada banyak jenis pupuk yang bisa dipilih seperti pupuk tanah, tabur atau pupuk siram. Memilih pupuk yang mengandung unsur hara tinggi. Berikan pupuk pada bunga Anggrek yang baru saja bertunas dan banyak bunganya. Pemupukan bisa dilakukan kurang lebih 3 kali dalam seminggu. Tidak boleh memberikan pupuk secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerdil.

Sirkulasi udara yang segar.

Bunga anggrek harus mendapatkan sirkulasi udara yang segar itu sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman anggrek. Udara yang bergerak membantu mnguapkan air yang tergenang, yang bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri yang terperangkap saat menyiram anggrek

Jauhkan dari cahaya matahari yang berlebih.

Cahaya yang harus didapatkan berkisar antara 50-70%, untuk mendapatkan pertumbuhan bunga anggrek yang cantik dan segar.

Mengatur tata letak bunga.

Tata letak bunga anggrek juga perlu diatur. Meletakkan pot-pot bunga pad arak-rak serapi mungkin, tingginya kurang lebih satu meter dari permukaan tanah dan jauhkan penempatan di lokasi yang berjenjang agar tidak menghambat aliran udara.

Berikan obat.

Bunga anggrek juga perlu obat agar terhindar dari penyakit dan hama yang seringkali menyerang tanaman. Berikan pestisida seminggu sekali. Ketika terserang jamur, berikan fungisida. Jika terseang hama serangga berikan insekisida,juga berikan bakterisida jika diserang bakteri.

Memberikan hormon atau ZPT.

Hormon atau ZPT adalah zat yang memacu pertumbuhan bunga anggrek agar memiliki bunga lebih banyak lagi. Ada jug cara tradisional yaitu dengan memanfaatkan air kelapa sebanyak 150ml. semprotkan air kelapa ke seluruh bagian anggrek dan juga akarnya. Penyemprotan dilakukan tiga kali dalam seminggu pada pagi dan sore hari.

Itulah informasi dari kami tentang tips dan trik merawat anggrek. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan pakis silahkan hubungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya