Seedling merupakan anakan anggrek dalam botol, kompot (community pot) dapat memuat 20 – 40 anakan anggrek tergantung pada besarnya kompot dan besarnya anakan, dan yang baru di pindah dari kompot ke pot. Pemeliharaan anggrek bulan yang benar akan menghasilkan tanaman yan sehat, berbunga sebagaimana mestinya, dan tumbuh subur.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung pertumbuhan anggrek bulan, antara lain :

Kelembaban

Anggrek bulan senang hidup di tempat yang tidak terlalu basah, idealnya 60-70%. Jika terlalu lembab menyebabkan penyakit mudah berkembang (Badriah, 2004). Pemakaian paranet juga akan menjaga kelembaban dalam kebun dan angin tidak terlalu kencang. Untuk produksi anggrek secara besar-besaran atau komersial, kondisi lingkungan dapat dimanipulasi atau dibuat secara batan dengan memakai blower, AC, Mengalirkan air agar tetap lembab.

Penyiraman

Penyiraman anggrek bulan dilakukan pada pagi hari saat udara cerah dan aliran udara yang baik, sehingga daunnya akan kering pada siang hari. Penyiraman merupkan cara efektif untuk menjaga kelembaban yang optimal. Penyiraman dilakukan secara eratur dan tidk berlebihan. Penyiraman seharusnya menggunakan sprayer agar butiran semprotan airnya halus sehingga tidak menghanyutkan media dan tidak merusak daun anggrek. Penyiraman anggrek yang baik ditujukan langsung ke bagian akar agar dapat langsung terserap. Air yang digunakan untuk menyiram anggrek harus air bersih yang tidak tercemar bahan kimia atau zat lainnya.

Kebanyakan air dalam isi pot akan terlalu basah, akar-akar tanaman tidak dapat melakukan pernapasan dan transpirasi sebik-baiknya, kemudian membusuk dan mati. Kebanyakan air mengakibatkan bakteri dan jamur tumbuh subur, yang dapat menyebabkan daun menjadi bercak-bercak, tunas-tunas busuk, akar busuk, dan kuncup bunga rontok.

Pemupukan

Untuk tanaman muda diberi pupuk NPK dengan unsur N tinggi agar  daunnya tumbuh subur, untuk remaja diberi NPK seimbang dan untuk dewasa atau siap berbunga diberi NPK dengan kadar P tinggi. Pemupukan memakai air yang mengandung kadar NPK tertentu, dan disemprotkan secara manual dengan sprayer atau penyemprot pertanian. Penyemptotan dilakuakn pada akar atau daun dengan frekuensi penyemprotan 2 kali seminggu.

Temperatur

Bagi anggrek bulan suhu idealnya adalalah 30℃ saat pagi dan 23℃ saat mlam hari. Kunci utama pembungaan anggrek bulan adalah jika terjadi perbedaan suhu tertinggi dan terendah sekitar 10℃, oleh karena itu budidaya anggrek bulan yang ideal adalah 8℃ - 28℃.

Aerasi

Sirkulsi udara sangat dibuthkan leh anggrek bulan. Anggrek ini termasuk epifit dan membutuhkan udara yang bergerak secara terus menerus. Semakin baik sirkulasi udaranya, pertumbuhan anggrek bulan semakin bagus.

Cahaya

Anggrek bulan tidak tahan cahaya matahari langsung, maka diperlukan naungan 65% jika area tanam terbuka dan 55% di area tanam yang dikelilingi oleh tembok atau pepohonan (Badriah, 2014). Hal tersebut dapat dilakukan dengan memelihara anggrek dibawah tempat terlindung menggunakan paranet.

 

Itulah informasi dari kami tentang tips dan trik merawat seedling anggrek bulan. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

 Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya