Sumatera merupakan salah satu pulau yang ideal untuk tempat tumbuh anggrek. Beberapa hal yang menjadi ideal karena adanya pergantian iklim basah dan kering yang seimbang, serta curah hujan yang merata sepanjang tahun. Kurang lebih 1.118 jenis anggrek yang sudah diketahui namanya terdapat di Sumaera (Comber, 2001).

Dari seluruh jenis anggrek tersebut, 24% jenis diantaranya memiliki kesamaan dengan yang terdapat di Thailand, 39% jenis sama dengan di Semenanjung Malaysia, 39% jenis sama dengan di Jawa, dan 38% jenis sama dengan di Borneo. Sedangkan 41% total jenis anggrek di Sumatera merupakan jenis endemik.

Hal yang menjadi daya tarik dari tumbuhan anggrek adalah tidak hanya pada bunganya, melainkan juga pada bentuk dan warna daunnya. Ada jenis anggrek yang menarik pada bunganya saja, ada anggrek yang enarik pada daunna saja, dan banyak jenis yang mempunyai daya tarik baik pada bunga maupun daunnya.

Berikut jenis-jenis anggrek yang ada di Sumatera, antara lain :

Goodyera colorata Blume

Anggrek Goodyera colorata Blume merupakan anggrek tanah yang tumbuh menjalar di tanah yang tmbuh menjalar di tanah yang berhumus tebal. Daun dari anggrek Goodyera colorata Blume ini berbentuk lanset memiliki ukutan kurang lebih 6 x 2,5 cm. ujunga dari daunnya meruncing berwarna hijau gelap di bagian atas dan hijau pucat di permukaan bawah. Daun memiliki 3 urat utama berwarna merah muda dan putih.


Perbungaan anggrek kurang lebih 10 cm, memiliki kuntum bunga yang mekar bersamaan kurang lebih 10 kuntum. Bunga tidak terbuka penuh, kelopak 5 – 6 mm berwarna merah jingga pada dua pertiga bagian pangkal dan bagian ujung berwarna putih dengan bulu halus pada permukaan luar. Bibir bunga anggrek Goodyera colorata Blume berwarna putih, cekung dengan ujung tumpul.

Goodyera pusilla Blume

Anggrek Goodyera pusilla Blume adalah anggrek tanah yang memiliki beberapa helai daun. Daunnya berbentuk lanset, berukuran kurang lebih 3 x 1,2 cm, berwarna hijau keunguan dengan urat daun berwarn merah, bagian ujun meruncing.


Perbungaan 12 – 14 cm, mendukung sekitar 8 kuntum bunga atau lebih. Bunga tidak mekar penuh. Kelopak lateral 4 mm, kelopak tengah 3 mm, warna cokelat, halus, tidak berambut. Mahkota anggrek Goodyera pusilla Blume 2,75 mm memiliki warna kekuningan. Bibir bunga berwarna kuning terang dan putih di bagian tepi, berkantung di bagian dasar, bentuknya seperti ekor.

Goodyera ustulata Carr

Anggrek Goodyera ustulata Carr merupakan jenis anggrek tanah dengan tinggi mencapai 15 cm yang sering dijumpai di tempat yang ternaung di dataran tinggi. Daun anggrek Goodyera ustulata Carr memiliki warna cokelat – merah – garis pink dengan garis tengah kuning – hijau. Daunnya berbentuk oval, ujung meruncing, bagian atas  mengkilat seperti beludru.



Bunga anggrek  Goodyera ustulata Carr mencapai 35 kuntum, panjang tangkai bunga mencapai 14 cm. Pada saat berbunga selang seling berurutan tidak mekar bersamaan. Jenis ini di Indonesia disebutkan hanya tersebar di Borneo, namun ternyata di Sumatera Barat juga dapat ditemukan.

Anoetochillus reinwardtii Blume

Anggrek Anoetochillus reinwardtii Blume merupakan anggrek yang memiliki ukuran kecil. Tumbuhnya anggrek ini hampir rata dengan tanah dan sepintas mirip dengan serasah yang telah kering. Namun warna daunnya tidak cokelat seperti daun kering, melainkn hijau tua merah hati dengan urat-urat daun berwarna merah.


Anggrek Anoetochillus reinwardtii Blume merupakan jenis anggrek yang tumbuh secara berkelompok, perakarannya dangkal dan menjalar di bawah lapisan humus. Tidak memiliki umbi atau rgan penyimpan air dan makanan. Anggrek Anoetochillus reinwardtii Blume memiliki daun berbentuk bulat telur – lonjong, pucuk daun muda menggulung. Perbungaannya pendek, hanya mendukung 2 – 4 kuntum. Kelopak Anoetochillus reinwardtii Blume panjangnya 11 dan mahkotanya tersusun diatas kelopak. Bunganya memiiki bibir yang berwarna putih, menjulur ke depan melampaui kelopak bunganya.

Anggrek Anoetochillus reinwardtii Blume agak susah ditemukan. Daerah penyebarannya adalah Sumatera, Jawa, Borneo, dan Ambon. Jumlahnya sangat sedikit dan tempat tumbuhnya pun ditempat yang ternaung dan lembab di hutan primer atau sekunder pada tumpukan serasah daun setebal 2 – 5 cm. umumnya tumbuh di dataran tinggi pada ketinggian 500 – 1.000 mdpl.

Nephelaphyllum pulchrum Blume

Anggrek Nephelaphyllum pulchrum Blume jenis ini banyak ditemukan di hutan yang lembab dan berhumus tebal, pada ketingian 700 – 1.500 m. Anggrek ini tumbuh subur pada lapisan humus setebal 2 – 4 cm dengan kisaran keasaman 6,3 – 6,7. Daerah penyebarannya mulai dari Sumatera, Kalimantan, Semenanjng Malaysia Thailand sampai Indocina.

Anggrek Nephelaphyllum pulchrum Blume merupakan anggrek tanah yang memiliki ukuran kecil memiliki daya tarik di bagian daunnya. Tangkai daun sangat pendek berbentuk segitiga dengan dasar bulat atau melekuk berwarna cokelat atau hjau muda dengan urat daun hijau gelap dengan bercak gelap diatas, dan permukaan bawah berwarna ungu.

Anggrek Nephelaphyllum pulchrum Blume memiliki umbi semu berbentuk bulat kecil memanjang seperti pensil dengan jarak antara umbi kurang lebih 2,5 cm. perbungaannya memiliki panjang kurang lebih 8 cm dengan kuntum bunga 13. Kelopak maupun mahkota bunganya berwarna putih atau kuning pucat berbentuk pita yang mengarah ke bawah. Bibir bunga tegak ke atas berbentuk bulat telur dengan panjang kurang lebih 1,6 mm, ada 3 – 5 rusuk pada bagian tengahnya yang berbulu memiliki warna jingga, kuning dan kehijauan.

Nervilia punctate Blume

Anggrek Nervilia punctate Blume jenis ini ditemukan di daerah pegunungan, namun juga dapat ditemukan di dataran rendah. Biasanya anggrek ini tumbh secara berkelompok. Di alam daerah penyebarannya meliputi Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Anggek Nervilia punctate Blume menyukai tumbuh di lapisan tanah yang kaya akan humus atau serasah daun yang tebal.


Anggrek Nervilia punctate Blume memiliki bentuk daun yang unik yaitu bersegi banyak. Secara umum bnetuk daunnya  jantung membulat dengan segi pada setiap ujung tulang daunnya. Jenis ini termasuk yang jarang berbunga sehingga fase vegetatifnya akan sering terlihat.

Anggrek Nervilia punctate Blume memiliki umbi yang tertanam di dalam tanah berbentuk bulat. Daunnya hanya tunggal, tulang daunnya 5 – 8 yang berwarna hijau mengkilat atau kebiruan. Bunganya juga tunggal dengan tangkai bunga mencapai 10 – 15 cm, bng berwarna cokelat agak kehijauan dengan bibir putih berbintik-bintik merah muda keunguan.

Nervilia aragoana Gaud

Anggrek Nervilia aragoana Gaud tersebar di alam mulai dari India sampai China, hampir seluruh kawasan Asia Tenggara, Australia, dan beberapa pulau di Pasifik. Tumbuh mulai dataran rendah sampai 1.000 mdpl di lantai hutan yang lembab dan ternaung. Anggrek Nervilia aragoana Gaud memiliki sinonim Pogonia nervilia Blume, Pogonia flebelliformis Lindl, dan Pogonia gracilis Blume.


Anggrek Nervilia aragoana Gaud jenis ini tanpa disertai dengan bunganya sudah tampak menarik, lebih-lebih jika ditambah dengan perbungaan yang muncul dari pangkal rimpangnya maka akan menambah keindahannya. Bunga anggrek Nervilia aragoana Gaud tersusun dalam bulir sepanjang sekitar 20 cm dan memiliki warna kuning kehijauan.

Daun anggrek Nervilia aragoana Gaud memiliki lebar bentuk hati dengan panjang 7 – 12 cm dan lebar 7 – 10 cm. Bagian ujung meruncing, bagian pangkal melekuk ke dalam, tepi daun bergelombang dengan tangkai daun 5 – 10 cm berwarna ungu. Pada permukaan atas healian daunnya terdapat berakbercak warna keunguan.

Nervilia plicata (Andrews) Schltr

Anggrek Nervilia plicata (Andrews) Schltr habitusnya hanya kecil dan tumbuh hampir sejajar dengan permukaan tanah sehingga jika tidak jeli selah-olah tumbuhan ini hanya daun muda yang jatuh dari atas. Jenis anggrek ini termasuk yang sangat jarang ditemukan. Di alam jenis ini tersebar di India sebagian besar Asia Tenggara, China, New Guinea, dan Australia.


Anggrek Nervilia plicata (Andrews) Schltr memiliki daun yang berbentuk ginjal, berbulu dan permukaan atas daun belang-belang hijau muda dan hijau tua. Anggrek ini meiliki sinonim Arethusa plicata Andrews, Epipactis plicata (Andrews) Roxb, Pogonia plicata (Roxb) Lindl, P. discolor (Blume) Blume. P. velutina Par. & Rchb.f. P. pulchela Hook.f.

Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein

Anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein biasanya tumbuh di lantai hutan yang teduh dan lembab pada ketinggian 900 – 1.800 mdpl.  Anggrek ini menyukai humus yang tebal dengan kadar tingkat keasaman agak asam. Jenis ini tumbh secara endemik di Sumatera. Anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein merupakan salah satu anggrek sepatu yang berdaun unik.


Anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein biasanya memiliki 5 – 8 helai daun. Daunnya berbentuk bulat lonjong berwarna hijau dengan pola mosaic hijau tua dengan panjang 16 cm dan lebar 4,5 cm. perbungaan tegak ke atas panjangnya mencapai 30 cm yang mendukung satu bunga. Bunga anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein mekar terbuka penuh lebarnya kurang lebih 12 cm. warna perhiasan bunganya kuning kecoklatan dengan variasi garis-garis dan totol-totol hitam kecoklatan.

Kelopak anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein tengahnya berbentuk bulat telur yang melebar bagian atasnya yang ujungnya lancip dengan ukuran 5 x 3,5 cm. kelopak lateral terpadu bulat telur ujungnya lancip dengan ukuran 3,8 x 1,3 cm. Mahkota bunga anggrek Paphiopedilum tonsum (Rchb.f.) Stein berbentuk lonjong agak melebar di setengah ujung yang tumpul, ada rambut getar kurang lebih 6 x 1,7 cm. Bibir membentuk kantung dengan panjang 5 cm dan lebar 3 cm.

Paphiopedilum bullenianum (Rchb.f.) Pfitz

Anggrek Paphiopedilum bullenianum (Rchb.f.) Pfitz tumbuh di lantai hutan yang tertutup oleh serasah pada ketinggian 730 m dpl. Penyebarannya meliputi kawasan Semenanjung Malaysia, Sumatera, Borneo, Sulawesi dan Seram. Anggrek Paphiopedilum bullenianum (Rchb.f.) Pfitz merupakan jenis anggrek tanah yang monopodial mendukung 4 – 8 helai daun. Daun anggrek ini berbentuk lonjong elips dengan panjang 7 – 14 cm dan lebar 2,5 – 4 cm ujung membulat berwarna putih kehijauan bercak-bercak hijau tua.

Perbungaan anggrek Paphiopedilum bullenianum (Rchb.f.) Pfitz tunggal dengan panjang tangkai 20 – 55 cm, panjang tangkai kuntum 3,5 – 6 cm dan lebar bunga 8 – 9,5 cm. tangkai dan perhiasa bunga bagian luar berbulu hals merah kecoklatan. Kelopak tengah bulat telur, ujung melancip dan tepi agak menggulung dengan panjang 3 – 3,2 cm dan lebar 1,9 – 2,1 cm dengan warna hijau keputihan dengan garis-garis hijau muda.

Kelopak bnga terpadu lanset ujungnya melancip dengan panjang 2 – 2,3 cm dan lebar 1,2  1,5 cm berwarna hijau muda. Mahkota merentang lebar. Lanset sengsang memanjnag dengan panjang 4 – 4,1 cm dan lebar 1,3 – 1,4 cm berwarna kehijauan di bagian pangkal dan merah jambu keunguan di setengah ujungnya dengan beberapa bulatan coklat tua di bagian sisinya. Bibir berbentuk kantung dengan panjang 3,8 – 4,1 cm dan lebar 1,5 – 1,8 cm berwarna merah keunguan bagian luar di bagian pangkal dan semburat putih di bagian ujungnya dan bagian dalam putih titik-titik merah kecoklatan.

Paphiopedilum superbiens (Rchb.f.) Stein

Anggrek Paphiopedilum superbiens (Rchb.f.) Stein jenis ini merupakan anggrek yang tumbuh di dataran tinggi pada ketinggian 800 – 1.300 mdpl. Menyukai habitat yang teduh dan lembab dengan tanah yang kaya kaan bahan organic. Seperti halnya jenis Paphiopedilum tonsum, jenis ini juga merupakan jenis endemic di Sumatera, dan pada umumnya hanya tumbuh di kawasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat.


Anggrek Paphiopedilum superbiens (Rchb.f.) Stein merupakan anggrek tanah yang mendukung 4 – 5 helai daun. Daunnya berwarna hijau muda berbintik-bintik hijau tua ada semburat keunguan di bagian pangkal permukaan bawah daun, ujungnya tumpul dengan ukuran 24 x 5,5 cm. Tangkai perbungaan tegak, dengan panjang 17 cm dan lebar 8 cm. kelopak tengah berbentuk bulat telur, ujung melancip berwarna dasar putih semburat merah dengan ukuran 5 x 3,6 cm.

Kelopak lateral terpadu, tersembunyi d belakang bibir bunga. Bentuk dan warna hampir sama dengan kelopak tengah dengan ukuran 4,3 x 1,9 cm. mahkota memanjang horizontal, tepi berambut getar coklat tua kehitaman, ujung menekuk atau memuntir ke belakang, warnanya semburat hijau di bagian pangkal, merah muda di bagian ujung dan berbintik-bintik coklat kemerahan. Bibir menggantung berbentuk kantung, berwarna merah hati dengan panjang 6 – 6,3 cm dan lebar 2,9 – 3 cm.

 

Itulah informasi dari kami tentang anggrek yang hidup di Sumatera. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya