Anggrek sering dipergunakan sebagai symbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Mayoritas anggrek adalah epifit abadi, yang tumbuh berlabuh di pohon atau semak di daerah tropis dan subtropics menjadikan tanaman ini begitu eksotis. Bunga anggrek cara menanamnya agak sulit, perawatannya sedikit ribet, dan akan lebih indah dengan variasi warna dan ukurannya.

Banyak sekali orang-orang yang mencari bunga anggrek untuk keperluan. Biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di ruang maupun depan rumah. Untuk keperluan pernikahan dan pesta keluarga, karena bunga anggrek sangat populer menjadi rangkaian buket. Ada juga yang menjadikan bunga anggrek sebagai bisnis karena harganya memang cukup fantastik.

Ciri bunga anggrek yang membuatnya begitu digemari adalah masa berbunganya yang cukup lama. Ciri khusus bunganya meliputi bentuk, struktur, dan kelopak. Ciri khusus bunga anggrek lainnya juga menggambarkan karakteristik tanaman anggrek secara keseluruhan.

Berikut fakta unik bunga anggrek, antara lain:

  • Anggrek memiliki benih terkecil di dunia

Benih kecil yang dimiliki bunga anggrek ini memakan waktu cukup lama untuk berubah menjadi sebuah tanaman bunga anggrek yang cantic dan menawan. Hal ini menjadi tantangan untuk mereka yang ingin menanam anggrek tersebut.

  • Anggrek salah satu jenis bunga tertua di Bumi

Semenjak semua spesies anggrek ditemukan di dunia, ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa bunga anggrek sudah ada sebelum terjadinya pemisahan benua secara alami.

  • Waktu mekar anggrek yang lama

Bunga anggrek yang mekar biasanya berlangsung selama setidaknya enam minggu, yang membuatnya mudh untuk menampilkan bunga hidup yang indah di rumah. Secara umum, anggrek epifit (asli dari pertumbuhan pohon dan batu di alam liar) seperti Phalaenopsis mekar selama dua hingga tiga bulan di dalam ruangan. Anggrek darat tertentu seperti Cymbidium bisa mekar sekitar dua bulan di dalam ruangan dan selama tiga bulan di luar ruangan.

  • Anggrek memiliki karakteristik kelopak

Anggrek memiliki struktur seperti tabung lilin yang dikenal sebagai kolom. Kolom merupakan perpaduan dari organ tanaman jantan dan betina. Anggrek jga memiliki satu bibir yang memanjang yang disebut labellum. Kelopak ini berfungsi sebagai bantalan pendaratan untuk lebah dan penyerbuk lainnya dan dapat bervariasi dalam penampilan tergantung pada jenis anggrek tertentu.

Penampilan yang tepat dari bunga anggrek tergantubg pada spesies tertentu. Meski variasi tanaman, ada beberapa karakteristik yang mereka miliki bersama. Karakteristik in termasuk tiga kelopak dan tiga sepal yang dapat dengan mudah dikira kelopak. Mayoritas anggrek juga mengalami resupinasi, suatu proses di mana bibir mulai di bagian atas bunga dan bergerak ke bawah saat mulai layu.

  • Habitat bunga anggrek

Sebagian besar anggrek ysng dibudidayakan adalah tanaman asli daerah tropis. Anggrek dapat ditemukan di daerah tropis Khatulistiwa, tundra Arktik, dan dapat dibudidayakan dimana pun. Anggrek biasanya tumbuh tinggi di pohon, daripada di tanah hutan. Anggrek terbiasa dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya. Akar anggrek menempel pada pohon atau batu dimana mereka menangkap kelembaban dan nutrisi yang membasuhnya di hutan hujan.

  • Bunga anggrek tersusun majemuk dan simetri bilateral

Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam “lidah” yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari berbentuk cakram kecil disebut pollinia yang terlindung oleh struktur kecil yang harus di buka leh serangga penyerbuk untuk membawa serbuk sri ke mulut putik. Tidak akan terjadi prnyerbukan pada tumbuhan anggrek jika tanpa bantuan organisme penyerbuk.

Bunga anggrek tersusun majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang atau dari ketiak daun. Bunga anggrek berbentuk simetri bilateral. Helaian kelopak bunga atau sepal biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga sehingga disebut tepal.

  • Anggrek memiliki bentuk unik dan berwarna cerah

Bentuk bunga, warna, dan rangsangan sentuhan oleh rambut di bibir beroperasi pada organ sensorik pejantan yang berkunjung, yang pada akhirnya mengarah pada perilaku yang sama seperti yang diamati selama fase awal kopulasi dengan lebah betina. 

Bunga anggrek berwarna cera dengan warna merah, biru, dan kuning ini disesuaikan dengan penyerbukan oleh burung. Burung memiliki sedikit atau tidak ada indra penciuman, dan bunga yang diserbuki burung cenderung kurang bau. Namun, warna-warna cerah berfungsi untuk menarik burung.


Itulah informasi dari kami tentang fakta unik anggrek. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya