Pestisida alami di buat dari bahan-bahan yang terdapat di alam bebas. Pestisida alami lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Pestisida alami merupakan ramuan obat-obatan untuk mengendalikan penyakit dan hama tanaman.  Pestisida alami mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan pestisida kimia, antara lain:

Pertama, dari sisi ekonomi.

Dilihat dari sisi ekonomi penggunan pestisida alami/organik memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan. Produk pangan non-pestisida harganya lebih baik dibanding produk konvensional. Pembuatan pestisida alami bisa dilakukan sendiri oleh petani sehingga menghemat pengeluaran biaya produksi.

Kedua, lebih ramah terhadap alam.

Sifat dari pestisida alami merupakan material organik mudah terurai menjadi bentuk lain sehingga dampak racunnya tidak menetap dalam waktu yang lama di alam bebas.

Ketiga, pengendalian hama.

Dengan penggunaan pestisida alami/organic yang diintegrasikan dengan konsep pengendalian hama terpadu tidak akan menyebabkan resistensi pada hama.

Keempat, residu pestisida tidak bertahan lama.

Tanaman yang disemprot lebih aman dikonsumsi karena residu pestisida alami tidak bertahan lama pada tanaman.

Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari pestisida alami, antara lain:

Kelebihan pestisida alami:

  • Lebih aman untuk tanaman
  • Menjadi solusi ketika pestisida atau obat-obatan tanaman lainnya memiliki harga yang mahal dan ketersedianya sedikit
  • Ramah lingkungan
  • Residu atau ampas dari pestisida alami mudah terurai dan tidak bertahan lama
  • Tidak membuat hama tanaman menjadi kebal
  • Bahan dibutuhkan untuk membuat pestisida alami murah dan mudah ditemukan

Kekurangan dari pestisida alami:

  • Relative tidak tahan dengan paparan sinar mataahri langsung dan hujan
  • Tidak bertahan lama
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penyemprotan pestisida alami perlu dilakukan berkali-kali
  • Hasil penyemprotan pestisida alami pada tanaman cenderung lama, tidak secepat penyemprotan pestisida kimia.

Tanaman anggrek perlu diberi pestisida untuk megusir hama yang menggangu pertumbuhan anggrek. Salah satu pengganggu tanaman hias cantik ini adalah Mollusca, serangga, atau hewan lainnya. Juga apabila anggrek terserang penyakit berupa akar, maka harus tau apa penyebabnya agar penanggulangannya bisa dilakukan dengan benar dan segera mungkin.

Ada beberapa pestisida alami untuk anggrek, antara lain:

Pestisida alami dari bawang putih

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gram bawang putih atau sesuai keperluan
  • 0,5 Liter air
  • 10 gram sabun
  • 2 sendok teh minyak bayi

Cara membuatnya adalah gunakan 100 gram bawang putih parut atau dihaluskan. Campurkan dengan minyak bayi atau minyak mineral, biarkan selama 24 jam. Kemudian larutkan 10 gram sabun dalam air, campurkan dengan parutan bawang putih dan minyak mineral secara merata. Terakhir, saring dengan kain halus. Gunakan untuk setiap satu bagian dengan campuran 20 bagian air.

Pestisida dari Nimba

Terdapat zat azodirachtin pada nimba yang memiliki daya bunuh terhadap serangga, hama bahkan effektif untuk nyamuk. Beberapa hama yang dapat di kendalikan dengan semprotan nimba antara lain ulat, keong/siput, penggerek daun, dan lainnya.

Cara membuatnya adalah tumbuk biji nimba dan masukkan ke dalam kantong kain, kemudian masukkan ke dalam ember biarkan selama satu malam. Perbandingannya 500 gram biji nimba untuk 10 liter air. Terakhir, semprotkan airnya ke tanaman yang di sreang hama.

Pestisida dari Daun Pepaya

Cara membuatnya adalah merajang 1 kg daun papaya segar sampai halus. Direndam ke dalam 10 liter air kemudian ditambah 2 sendok makan minyak dan sabun cair. Terakhir, biarkan selama semalam, disaring dengan kain halus kemudian gunakan untuk menyemprot tanaman anggrek yang di serang hama.

Pestisida dari jus buah pinang

Cara membuatnya adalah ambil getah buah pinang muda dan kumpulkan dalam ember berisi air. Kemudian semprotkan pada keong atau siput. Jangan menyemprotkan pada tanaman anggrek langsung.

Itulah informasi dari kami tentang pestisida alami untuk anggrek. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya