Karakteristik Anggrek Paphiopedilum Glaucophyllum

Anggrek Paphiopedilum Glaucophyllum ditemukan tahun 1897 di dalam hutan pegunungan di Jawa Timur. Pada tahun 1900 anggrek ini dideskripsikan dan dipublikasikan secara sah kepada dunia ilmu pengetahuan oleh Johanes Jacobus Smith (J.J.Sm.), ilmuwan asal Belanda yang banyak melakukan penelitian flora Indonesia di masa itu. Paphiopedilum glaucophyllum disebut anggek selop karena saat dilihat dari samping anggrek ini sekilas akan terlihat seperti sandal selop (slipper orchid). Anggrek ini juga popular dengan sebutan kantong semar karena mempunyai kantung layaknya nepenthes.

Habitat anggrek Paphiopedilum Glaucophyllum berada di ketinggian 200 – 800 mdpl dengan banyak humus. Sudah sejak lama anggrek ini menjadi langka. Keunikan bunganya yang istimewa membuatnya menjadi incaran untuk diperdagangkan secara illegal dengan harga yang sangat tinggi. Sementara upaya konservasinya mengalami tantangan karena kerusakan hutan yang terus terjadi. Perbanyakan secara in vitro di laboratorium juga tidak semudah seperti anggrek lainnya.

Paphiopedilum glaucophyllum adalah anggrek tanah dengan sejumlah keunikan yang tidak dapat ditemukan pada anggrek kebanyakan. Karakteristik yang paling menonjol adalah bentuk dan susunan perhiasan bunganya yang sangat khas. Anggrek ini pun tergolong kurang rajin berbung. Saat mekar sempurna diameter bunganya mencapai 8 cm. dari 3 – 5 kuntum bunga dalam satu tandan, biasanya hanya 1 yang akan mekar. Perhiasan bunga bagian dorsal (kepala dorsalis) berbentuk bulat telur dengan posisi tegak seperti tameng dengan warna hijau mengilat dengan kumpulan titik ungu atau cokelat. Dua perhiasan berbentuk pita berpilin dengan corak tebal berwarna ungu dan cokelat. Rambut-rambut halus nampak memenuhi permukaan bunga.

Anggrek Paphiopedilum glaucophyllum memiliki daun yang tebal, berwarna kebiruan, berbentuk memanjang hingga elips dengan rambut-rambut halus di bagian tepinya. Karakter daun inilah yang menjadi dasar pemberian nama “glaucophyllum”. Kantung pada anggek ini adalah bibir atau labellum yang merupakan modifikasi perhiasan bunga yang terbentung sepanjang evolusinya. Kantung Tropical Lady’s Slipper ini berwarna ngu dengan bibir kuning. Di atas kantung ada perisai yang juga berwarna ungu untuk melindungi serbuk sari dari ovarium. Kilatan pada permukaan yang disebabkan oleh lapisan lilin pada bagian epidermis Paphiopedilum glaucophyllum akan terlihat semakin cantik saat terkena tetesan air pada permukaannya.

Lantaran kecantikannya Paphiopedilum glaucophyllum banyak diburu orang hingga mengakibatkan kelangkaan. Sementara, rekayasa genetika juga belum terlalu cocok untuk mengembangbiakkan anggrek jenis ini. Status yang terancam punah, anggrek selop ini pun masuk dalam Appendix 1 pada Konvensi Internasional untuk Perdagangan Spesies Langka (CITES). Artinya, anggrek tersebut tidak boleh diperjualbelikan kecuali atas izin ketat dari pihak berwenang sebagai tujuan penelitian.

Perawatan Anggrek Paphiopedilum Glaucophyllum

Agar anggrek dapat memberikan bunga yang bagus tentunya memerlukan perawatan. Baik perawatan umum maupun perawatan khusus. Perawatan dilakukan agar anggrek dapat berbunga sepanjang tahun dengan kualitas bunga yang indah dan mempesona.

Penyiraman dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari. Pemupukan juga perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga dan pembentukan buah. Sama dengan tanaman hias lainnya, anggrek Paphiopedilum Glaucophyllum memerlukan pupuk dengan kadar Phospor (P) tinggi. Pemakaian insektisida juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tanaman anggrek dari penyakit yang diberikan setiap dua minggu sekali.

Itulah informasi dari kami tentang Paphiopedilum Glaucophyllum "Anggrek Selop" di Jawa Timur. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya