Anggrek bulan saat perbungaan memiliki bunga yang sangat cantik dan mempesona. Beberapa orang terkadang menemukan masalah saat merawat tanaman anggrek bulan setelah berbunga. Ada yang beranggapan bahwa setelah anggrek bulan selesai berbunga tidak dirawat lagi, itu adalah anggapan yang salah. Perihal kesalahan perawatan pada anggrek bulan bisa menyebabkan layu. Daun anggrek bulan yang terkadang bisa layu apabila tidak dirawat dengan baik dan benar.

Penyebab daun anggrek bisa layu karena kesalahan perawatan, antara lain sebagai berikut:

Media tanam yang sudah tidak bagus


Jika media tanam tersebut sudah digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya dilakukaan penggantian dengan media tanam yang baru agar anggrek mndapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dn berkembang. Media tanam yang sudah tidak bagus bisa menyebabkan anggrek bulan bisa layu.

Banyak mendapat sinar matahari


Anggrek bulan jika terlalu mendapatkan banyak sinar matahari akan layu karena tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Anggrek bulan biasanya menempel pada tanaman lain sehingga temaptnya teduh dan terlindung dari sinar matahari.

Menyiram anggrek bulan terlalu banyak air

Air yang banyak menggenang dan tersisa sehingga menyebbkan overwatering. Kondisi ini banyak terjadi terutama di musim hujan. Oleh karena itu, saat musim hujan harus memperhatikan lokasi penempatan tanaman anggrek bulan. Jangan sampai tanaman anggrek bulan terkena terlalu banyak air.

Tanaman anggrek bulan memang membutuhkn air, tetapi dalam kondisi air yang banyak juga bisa merugikan tanaman, salah satnya dapat menyebabkan daunnya layu, menguning dan lama kelamaan akan mati. Media tanam yang terlalu basah membuat anggrek sulit bernafas sehingga jamur dan pathogen menyerang akar anggrek.

Kurangnya air penyiraman anggrek bulan


Daerah yang panas menyebabkan tanaman anggrek bulan cepat dehidrasi dan kekurangan air, hal ini karena air yang tersimpan di media tanam daun dan akar anggrek cepat menguap karena suhu dan cuaca yang panas. Anggrek bulan yang kekurangan air akan menjadi layu, daunnya menguning dan jika tidak di rawat akan mati. Jika penempatan anggrek di daerah yang panas, maka harus sering-sering mengecek kondisi media tanam anggrek bulan, baik yang di pot atau yang menempel di pohon.

Pembusukan akar anggrek bulan

Busuk akar anggrek bulan ditanda dengan daun anggrek menjadi keriput. Pembusukan akar pada tanaman anggrek bulan bisa menyebabkan tidak mampu lagi menyerap air dengan baik. Langkah selanjutnya yang tepat adalah menggunting dan membuang akarnya.

Pemupukan anggrek bulan berlebihan

Pemberian pupuk memang bertujuan agar tumbuhan mendapatkan zat-zat yang diperlukan. Namun, pemberian pupuk yang berlebihan ternyata justru bisa membuat daun tanaman anggrek bulan layu.

Sehingga para hobiis perlu mengetahui dahulu penyebab daun anggrek layu apakah media tanam yang sudah tidak bagus, banyak mendapat sinar matahari, menyiram anggrek bulan terlalu banyak air, kurangnya air penyiraman anggrek bulan, pembusukan akar anggrek bulan, atau pemupukan anggrek bulan berlebihan. Setelah tahu penyebabnya langkah selanjutnya adalah perawatannya.

 

Itulah informasi dari kami tentang penyebab anggrek bulan layu. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya