Anggrek Kalajengking atau Arachnis flos-aeris

Anggrek kalajengking tersebar mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali hingga Kalimantan (Indonesi dan Malaysia). Tumbuhan ini tidak termasuk anggrek yang dilindungi maupun anggrek langka yang terancam punah. Anggrek kalajengking banyak ditemui sebagai penghias pagar rumah. Anggrek yang masuk dalam tanaman monopodial ini memang bisa tumbuh menjulang tinggi.

Di Indonesia, anggrek ini dikenal dengan nama anggrek kalajengking atau anggrek ketonggeng. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai scorpion orchid. Nama latin tanaman ini adalah Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f. dengan beberapa nama sinonim seperti Aerides arachnites Sw., Aerides matutina Willd., Arachnanthe flos-aeris (L.) J.J.Sm., Arachnanthe moschifera (Blume) Blume, Arachnis flos-aeris var. gracilis Holttum, Arachns moschifera Blume, Epidendrum aerosanthum St.-Lag., Epidendrum flos-aeris L., Limodorum flos-aeris (L.) Sw., Renanthera arachnites (Sw.) Lindl., Renanthera flos-aeris (L.) Rchb.f., Renanthera moschifera (Blume) Knuth, dan Renanthera moschifera (Blume) Hassk. Anggrek Kalajengking (Arachnis floa-aeris) memang masih berkerabat dekat dengan anggrek kalajengking putih (Arachnis hookeriana), anggrek kalajengking merah (Arachnis maingayi) dan anggrek berbulu leopard (Arachnis celebica).

Klasifikasi ilmiah dari anggrek Kalajengking atau Arachnis flos-aeris, antara lain :

Kerajaan         : Plantae

Divisi               : Tracheophyta

Kelas               : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Genus             : Arachnis

Spesies           : Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f.

Anggrek kalajengking dibalik keindahan dan keunikannya, ternyata membawa sebuah mitos tersendiri. Ada yang beranggapan bahwa siapa yang memelihara atau memiliki anggrek kalajengking akan tertimpa kesialan dan kesusahan hidup.

Misalnya, seperti rumah tangga yang tidak harmonis, sering bertengkar dengan pasangan atau tetangga serta mudah terkena musibah dan penyakit. Namun mitos biarlah mitos. Kenyataannya banyak orang yang “kepincut” dengan keunikan jenis anggrek kalajengking ini. Anggrek kalajengking dipelihara oleh para hobiis sebagai tanaman hias saja tanpa terpengaruh akan mitosnya.



Karakteristik dari anggrek kalajengking, antara lain :

Bunga

Bunga anggrek kalajengking beraroma harum. Anggrek kalajengking memiliki bunga yang tidak terlalu lebat dengan ukuran tinggi antara 10 – 11 cm dan lebar antara 7 – 8,5 cm. Anggrek kalajengking bunganya berwarna kuning semu kehijauan dengan lurik berwarna coklat gelap.

Bunga anggrek ini sangat unik sekilas menyerupai hewan kalajengking lengkap dengan sengat dan kaki-kakinya. Oleh karen itu, anggrek ini kemudian disebut sebagai anggrek kalajengking.

Batang

Anggrek kalajengking juga termasuk anggrek epifit. Anggrek kalajengking memiliki batang yang kuat dan tinggi dengan ruas-ruas sepanjang 4 – 10 cm.

Akar

Sebagai anggrek epifit, anggrek kalajengking tumbuh menempel di batang pohon dengan ketinggian 12 m di atas permukaan tanah. Saat muda, anggrek ini memiliki akar gantung. Seiring dengan bertambahnya usia, akar gantung akan menyentuh tanah dan berfungsi menjadi akar tunjang sebagai penunjang dari batangnya. Karena karakteristik tersebur, anggrek jenis ini mudah pula dipelihara sebagai anggrek tanah.

Tips dan trik perawatan anggrek kalajengking, antara lain :

  • 1.      Menggunakan media tanam dengan tanah humus yang subur.
  • 2.      Menyiapkan penyangga tanaman dari kayu, bamboo, besi, atau lainnya.
  • 3.      Apabila tanaman anggrek sudah tinggi bisa dipotong, yang kemudian potongannya bisa ditanam pada tanah. Nanti akan muncul anakan pada bagia bawah tanaman yang dipotong.
  • 4.      Menempatkan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Ini akan mendorong anggrek kalajengking rajin berbunga.
  • 5.      Menjaga media tanam dan lingkungan agar selalu lembab.
  • 6.      Memberikan pupuk melalui media tanam dan daun apabila diperlukan.
  • 7.      Melakukan semprotan fungisida dan insektisida apabila terdapat indikasi serangan.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek kalajengking atau anggrek ketonggeng. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya