Anggrek Dendrobium thyrsiflorum



Klasifikasi Ilmiah Anggrek Dendrobium thyrsiflorum

Kerajaan         : Plantae

Divisi               : Tracheophyta

Kelas               : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Genus             : Dendrobium

Spesies           : Dendrobium thyrsiflorum

Nama binomial: Dendrobium thyrsiflorum B.S Williams

Sinonim Anggrek Dendrobium thyrsiflorum

Adapun nama sinonim dari Anggrek Dendrobium thyrsiflorum antara lain :

  • Dendrobium densiflorum var. alboluteum Hook.f.
  • Dendrobium galliceanum Linden.
  • Callista thyrsiflora (Rchb.f. ex Andre) M.A. Clem

Anggrek Dendrobium thyrsiflorum merupakan spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam family Orhidaceae. Spesies ini juga merupakan bagian dari Ordo Asparagales. Spesies Dendrobium thyrsiflorum sendiri termasuk bagian dari genus Dendrobium. Nama ilmiah spesies Anggrek Dendrobium thyrsiflorum pertama kali diterbitkan oleh B.S Williams.



Anggrek Dendrobium thyrsiflorum adalah salah satu anggrek yang biasa disebut dengan raceme dendrobium sejenis biji pinus. Anggrek Dendrobium thyrsiflorum ini asli Himalaya (Bhutan, Assam, Yunnan, dan Arunachal Pradesh) dan pegunungan Indochina utara (Myanmar, Thailand, Laos, dan Vietnam) pada ketinggian 1.200 meter sampai 2.000 meter sebagai spesies berukuran kecil hingga besar. Anggrek Dendrobium thyrsiflorum tumbuh sejuk epifit, litofit atau tersetrial ditemukan di hutan campuran lembab dan jenis konfera berluut dengan batang pikal ramping bergerigi, bulat dan berbentuk tongkat.

Recame Dendrobium sejenis pinus biasanya memiliki 3 – 5 daun per batang, ukuran daun sama dengan Dendrobium amabile, tetapi Anggrek Dendrobium thyrsiflorum lebih tipis, lebih runcing, kebiruan dan sedikit mengkilap. Tanaman Anggrek Dendrobium thyrsiflorum termasuk family Dendrobium. Sehingga tanaman tidak memiliki musim istrirahat, pertumbuhan daun sepanjang tahun dan kurang gugur pada musim kemarau kecuali jika terjadi kekurangan air.

Anggrek Dendrobium thyrsiflorum memiliki bunga yang berbentuk tandan besar dengan ukuran panjang sekitar 20 cm sampai 30 cm. Bunga Anggrek Dendrobium thyrsiflorum terdiri dari banyak bunga tunggal disekitarnya. Masing-masing bunag bersayap putih, tenggorokan kuning indah, warna mencolok, aroma ringan dan tidak terlalu lama, hanya bertahan sekitar 5 hari sampai 7 hari. Anggrek Dendrobium thyrsiflorum bunganya mekar di akhir musim semi – awal musim panas, sekitar bulan April.

Apabila baru membeli tanaman Anggrek Dendrobium thyrsiflorum, potong akar lama dengan rapi, jaraknya sekitar 1 cm dari rimpang. Apabila akar tebal menggunakan gnting untuk menusuk, memangkas dan menipiskan akar yang sedikit akan merangsang akar baru tumbuh lebih cepat. Siram Anggrek Dendrobium thyrsiflorum dengan air bersih, rendam seluruh tanaman menjadi larutan pertumbuhan akar seperti B1 atau Atonik sekitar 1 – 2 jam kemudian tanam.



Budidaya Anggrek Dendrobium thyrsiflorum yang paling cocok adalah batang kayu. Apabila angina bertiup terus menerus atau terik matahari menjemur, tambahkan sedikit sabut kelapa dari akar 1 – 2 cm agar lebih melembabkan. Namun jangan sampai menutupi semua akar karena akan menyebabkan akar busuk akibat genangan air. Setelah okulasi, sebaiknya pohon digantung setinggi kurang lebih 1 meter, di tempat yang teduh, kelembaban tinggi dan lapang.

Selanjutnya taburkan sekitar 2 kali sehari setelah 5 – 7 hari semprotkan B1 atau Atonik yang sudah diencerkan dari petunjuk pada kemasannya, tanaman akan segera berakar. Anggrek Dendrobium thyrsiflorum adalah sejenis lingkungan yang lembab, tetapi juga menyukai cahaya, sehingga apabila tanaman memiliki akar yang sehat, kita dapat menggantung tanaman di bawah jarring hitam.

Perhatikan bahwa di musim dingin, tanaman Anggrek Dendrobium thyrsiflorum masih perlu disiram tetapi dengan kepadatan yang lebih sedikit daripada musim panas. Tanaman Anggrek Dendrobium thyrsiflorum tidak memiliki musim istirahat, sehingga kekurangan air dalam jangka panjang akan menyebabkan penggundulan daun, merusak tanaman dan mempengaruhi fotosintesis serta respirasi tanaman.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Dendrobium thyrsiflorum. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya