Anggrek Vanda Miss Joaquim

Singapura menjadi satu-satunya negara di dunia yang memilih bunga hibrida sebagai bunga nasionalnya. Alasan pemilihan jenis bunga anggrek vanda ini dikarenakan bunganya memiliki warna dan daya tahan yang sangat baik, kualitas bunga ini dianggap mencerminkan semangat orang Singapura. Selain itu, mengingat bahwa ia merupakan tanaman hibrida, dianggap mewakili sifat rakyat Singapura yang terdiri dari banyak etnis dan ras yang hidup bersama dalam harmoni. Semangat hidup harmonis walaupun berbeda etnis ini merupakan suatu hal yang luar biasa dan orang Singapura berpendapat bahwa sifat hibrid dari anggrek Miss Joaquim merupakan suatu hal yang sempurna untuk melambangkannya.

Keputusan pemerintah Singapura untuk memiliki sebuah bunga nasional menjadi sebuah upaya untuk menumbuhkan kebanggaan bagi rakyat Singapura. Pada awalnya terdapat 40 bunga (dimana 30 bunga merupakan spesies anggrek) yang akan dipilih untuk dijadikan Bunga Nasional Singapura. Barulah kemudian akhirnya diputuskan bahwa anggrek Vanda Miss Joaquim terpilih sebagai bunga yang akan dijadikan sebagai bunga nasional negara tersebut.

Pemilihan anggrek ini sebagai bunga nasional singapura bukanlah tanpa masalah. Nama “Miss Joaquim” memicu beberapa masalah mengenai asal tanaman hibrida ini. Dikatakan bahwa direkut pertama Singapore Botanic Garden pada tahun 1893 yang menanamai anggrei tersebut denga nama Agnes Joaquim. Namun, ada catatan lain yang menyebutkan bahwa bunga ini sebenarnya disilangkan dan ditemukan oleh seorang ahli anggrek bernama Agnes Joaquim.

Anggrek Vanda Miss Joaquim merupakan tanaman bunga yang dijadikan sebagai bunga nasional Singapura. Hal itu sesuai dengan keputusan Mentri Kebudayaan Singapura S. Dhanabalan pada tanggal 15 April 1981. Anggrek vanda Miss Joaquim merupakan tanaman hibrid hasil persilangan dari spesies Vanda teres dengan Vanda hookeriana. Jika anda berkunjung ke Singapura, anda akan dengan muda menemukan tanaman ini ditanam di sekitar fasilitas umum, taman dan tempat-tempat lain yang mudah terlihat. Kehadiran tanaman anggrek ini memberikan suasana lain bagi Singapura.

Anggrek Vanda Miss Joaquim merupakan anggrek hasil persilangan Vanda hookerana dan Vanda teres. Ia memiliki sifat perbungaan yang kuat, dalam satu tanaman terdapat hingga dua belas tunas bunga. Biasanya dalam suatu waktu, terdapat 4 bunga yang mekar secara bersamaan. Bunganya berdiameter sekitar 5 cm dan tingginya 6 cm. Kelopak bunganya seperti dipilin sedemikian rupa sehingga permukaan belakangnya menghadap ke depan.

Dua kelopak dan satu sepal bagian atas berwarna ungu kemerahan, sepasang sepal yang bersebalahan di bagian bawah berwarna ungu pucat dan 2 kelopak d bagian bawah bunganya berwarna putih. Bibir bunganya berukuran besar dan terlihat seperti kipas berwarna ungu dengan semburat oranye. Warnanya menjadi kontras dan terlihat indah dengan bagian tengahnya yang berwarna gelap.

Tanaman ini sangat menyukai terkena sinar matahari langsung serta membutuhkan pemupukan secara rutin dan udara dengan kelembapan tinggi . Batangnya membutuhkan penyangga agar bisa tumbuh lurus keatas. Bunga akan mulai muncul dan mekar saat batangnya telah berukuran 40 – 50 cm.

Sumber referensi https://jenis.net/bunga-nasional-singapura/

Itulah informasi dari kami tentang anggrek vanda Miss Joaquim . Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya