Cara Merawat Bibit Anggrek dalam Kompot



Bibit anggrek dalam kompot merupakan bibit anggrek setelah dikeluarkan dari dalam botol. Bibit anggrek ini mengalami periode yang sangat kritis karena harus menyesuaikan dengan lingkungan alam yang sebenarnya. Perlu diketahui, bibit anggrek dalam botol, dimana semuanya dalam kondisi steril. Nutrisinya sudah disiapkan dan tantangan lingkungan bisa dikatakan belum ada. Cara merawat bibit anggrek yang tepat, yang akan memberikan peluang pertumbuhan berikutnya lebih baik.

Merawat bibit anggrek setelah keluar dari botol harus benar dan terkontrol. Tidak sedikit yang gagal dalam masa ini. Diperlukan kepekaan, ketelitian dan pengamatan yang kontinyu terhadap perkembangan bibit anggrek tersebut. Yang sering dilakukan para pembibit anggrek, setelah bibit anggrek dikeluarkan dri botol, kemudian di tanam secara komuniti dalam satu pot. Kemudian anggrek dikelompokkan sesuai ukuran bibit tersebut. Menanam bibit anggrek sistem komuniti ini yang disebut kompot.

Dalam hal penanaman bibit anggrek secara kompot perlu diperhatikan yaitu bibit harus uniform ukurannya, agar pertumbuhan selanjutnya dapat seragam. Batang atau umbi jangan sampai terkubur, karena akan membusuk kekurangan sinar matahari. Adapun cara merawat bibit anggek dalam kompot secara baik dan benar, sehingga dapat menghasilkan tanaman anggrek yang tumbuh optimal dan rajin berbunga, syaratnya sebagai berikut :

Kondisi Lingkungan

Intensitas sinar matahari yang diperlukan hanya 20% - 25% sehingga haus diberikan naungan seperti paranet atau diletakkan di tempat yang teduh. Adapun lama pencahayaan yang diperlukan adalah 14 – 16 jam untuk iru harus ditambah dengan sinar lampu.

Temperature ideal yang diperlukan bibit anggrek dalam kompot pada siang hari 29 derajat celcius sedangkan saat malam hari sekitar 22 derajat celcius. Temperature yang tinggi sampai 34 derajat celcius masih bisa diterima dengan syarat kelembaban harus tinggi.

Kelembaban relatif diperlukan 60 persen sampai 80 persen. Apabila kelembaban relatif turun dibawah 60 persen maka harus diupayakan untuk dinaikkan dengan cara menyiram lantai green house atau spray dengan air disekitar green house.

Merawat anggrek dengan sistem tertutup

Merawat anggrek dengan sistem tertutup maksudnya meletakkan bibit anggrek kompot dalam rumah plastic, dengan dinding sekeliling tertutup oleh skren sehingga hama tidak masuk. Bibit anggrek dalam kompot tersebut juga harus diletakkan di atas rak agar tidak kontak langsung dengan lantai.

Penyiraman anggek

Factor cuaca sangat menentukan waktu dan interval penyiraman. Penyerimana pada bibit anggrek dalam kompot tidak boleh berlebihan. Saat malam hari tidak boleh melakukan penyiraman pada bibit anggrek kompot karena rentan sekali serangan jamur pada akar maupun daun. Bibit anggrek kompot bisa membusuk secara bersamaan. Setelah keluar dari botol, media bibit anggrek dalam kompot cukup sekali penyiraman.

Selanjutnya hanya perlu di spray air biasa dengan butiran yang halus pada daunnya. Ini dilakukan sampai aktivitas akar sudah tampak, kira-kira butuh waktu 2 minggu hingga sebulan. Setelah akarnya kelihatan, bibit anggrek kompot bisa dilakukan penyiraman kembali. Jarak penyiraman bibit anggrek kompot bukan berdasar siklus jam atau hari, tetapi berdasarkan basah – kering media kompot. Apabila pagi hari dan di sore hari sudah kering, maka perlu dilakukan penyiraman. Apabila pagi berikutnya bibit kompot anggrek masih basah, bibit anggrek dalam kompot tidak perlu disiram hanya perlu di spray air dengan butiran halus pada daunnya.

Pemupukan

Pemumpukan yang efektif dan baik untuk bibit kompot anggrek adalah menggunakan pupuk daun. Pupuk akar tidak efektif karena akar bibit anggrek yang baru keluar dari botol ini belum stabil aktivitasnya. Apabila pemupukan dengan spray secara merata pada daun-daunnya sampai basah bagian atas maupun bawah. Dosis yang digunakan rendah. Pemupukan dilakukan waktu ada sinar matahari, apabila mendung atau hujan pemupukan sebaiknya ditunda.

Sumber referensi https://wawaorchid.com/

Itulah informasi dari kami tentang cara merawat bibit anggrek dalam kompot. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya