Anggrek Cattleya loddigesii


Anggrek spesies ini dideskripsikan oleh John Lindley pada tahun 1826. Spesies anggrek cattleya loddigesii berasal dari Brazil, Argentina, dan Paraguay. Anggrek cattleya loddigesii ditemukan di hutan yang lembab di sepanjang sungai berukuran sedang dan hutan lembab di sekitar singkapan batu di Negara bagian Sao Paulo dan Minas Gerais juga ke bagian Parana dan Rio de Janeiro pada ketinggian 600 – 1200 meter.

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Cattleya loddigesii

Adapun klasifikasi ilmiah anggrek cattleya loddigesii sebagai berikut :

Kingdom      : Plantae

Division       : Magnoliophyta

Class           : Liliopsida

Order           : Asparagales

Family         : Orchidaceae

Subfamily    : Epidendroideae

Tribe            : Epidendreae

Subtribe       : Laeliinae

Genus         : Cattleya

Species       : Cattleya loddigesii

Nama binomial : Cattleya loddigesii Lindl. 1823

Sinonim Anggrek Cattleya loddigesii

Anggrek cattleya loddigesii memiliki sinonim sebagai berikut :

  • Cattleya arembergii
  • Cattleya candida
  • Cattleya loddigesii f. virginalis
  • Cattleya loddigesii subsp. purpurea
  • Cattleya loddigesii var candida
  • Cattleya ovata
  • Epidendrum canaliculatum
  • Epidendrum harrisonianum
  • Epidendrum loddigesii
  • Epidendrum violaceum

Anggrek Cattleya loddigesii salah satu tanaman yang memiliki sifat epifit yang tumbuh di pohon dan lithophyte yang tumbuh di batu. Dalam kebiasaan aslinya, anggrek cattleya loddigesii ditanam di dalam pot batu dan kulit kayu. Perbungaan anggrek Cattleya loddigesii mekar di akhir musim panas, ukuran bunga anggrek spesies ini kisaran 11,25 cm. Bunga Cattleya loddigesii beraroma harum dan memiliki zat lilin yang menyenangkan. Anggrek cattleya loddigesii memiliki warna bunga magenta merah muda yang seragam dengan bibir khas berbentuk lonceng. Bunganya juga memiliki paku bunga antara dua hingga enam bunga terkadang Sembilan.

Anggrek cattleya loddigesii mudah tumbuh dan tidak memberi tuntutan khusus pada penanam. Anggrek cattleya loddigesii membutuhkan tingkat pencahayaan sekitar 2.5000 – 50.000 lux. Pencahayaan yang cukup menjadi factor utama pemicu mekarnya anggrek spesies ini. Tidak ada cattleya akan tumbuh dengan kokoh dan mekar dengan baik kecuali jika ditanam di tempat yang memiliki cahaya yang baik setiap saat.

Sepanjang tahun, anggrek cattleya loddigesii memerlukan suhu rata-rata siang hari sekitar 25 – 28 derajat Celcius sedangkan malam hari rata-rata suhunya sekitar 15 – 18 derajat celcius. Suhu sangat penting bagi tanaman karena secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggrek.

Anggrek cattleya loddigesii membutuhkan kelembaban sekitar 70 -80 persen sepanjang tahun. Tingkat udara yang terlalu kering berdampak negative pada perkembangan tanaman anggrek, pertumbuhannya terhambat dan daun mlai menguning hingga mongering. Semakin tinggi suhu dan semakin tinggi kelembaban maka perlu ventilasi ruangan tempat anggrek di tanam apabila tidak maka kemungkinan anggrek membusuk dan terserang berbagai penyakit jamur/hama.

Sumber referensi :

https://travaldo.blogspot.com/2019/06/cattleya-loddigesii-care-and-culture.html

https://orchids.fandom.com/wiki/Cattleya_loddigesii

http://cattleyaorchidsource.blogspot.com/2009/12/cattleya-loddigesii.html

https://www.sborchid.com/plantdisplay.php?ocode=C00000138

Itulah informasi dari kami tentang anggrek cattleya loddigesii. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya