Anggrek Dendrobium bracteosum


Klasifikasi Ilmiah Anggrek Dendrobium bracteosum

Kerajaan        : Plantae

Divisi              : Tracheophyta

Kelas              : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Famili             : Orchidaceae

Genus             : Dendrobium

Spesies          : Dendrobium bracteosum

Nama binomial : Dendrobium bracteosum Rchb.f.

Sinonim Anggrek Dendrobium bracteosum

Ada beberapa nama sinonim dari Anggrek Dendrobium bracteosum, antara lain :

  • Dendrobium bracteosum var. album
  • Dendrobium bracteosum var. roseum
  • Dendrobium chrysolabium
  • Dendrobium chrysolabrum
  • Dendrobium dixsonii
  • Dendrobium dixsonii var. eborinum

  • Dendrobium eitapense
  • Dendrobium leucochysum
  • Dendrobium novae-hiberniae
  • Dendrobium quadrialatum
  • Dendrobium trisaccatum
  • Pedilonum bracteosum
  • Pedilonum eitapense
  • Pedilonum leucochysum
  • Pedilonu quadrialatum

Anggrek Dendrobium bracteosum dideskripsikan oleh Heinrich Gustav Reichenbach pada tahun 1886. Anggrek spesies ini berasal dari New Guinea. Di sepanjang pantai utara barat Papua Nugini pada ketinggian 20 meter anggrek hidup di daerah berawa di sepanjang sungai Noord. Di papua ditemukan tumbuhan di dekat Prt Prasln dan Punam di pulau New Ireland (New Mecklenburg), pada ketinggian sekitar 500 meter, di pulau Rossel dan kawasan Sepik dekat Aitape pada ketinggian 20 – 400 meter di sepanjang pantai utara barat Papua Nugini pada ketinggian 20 meter.


Anggrek Dendrobium bracteosum perbungaan mekarnya di musim semi hingga musim gugur dengan ukuan panjang sekitar 4 cm terjumbai yang muncul dari simpul di dekat puncak pseudobulb yang lebih tua dengan kuntum 3 hingga 8 yang memiliki aroma harum. Bunga anggrek spesies ini m emiliki panjang 1,3 cm sampai 2,5 cm dan tidak terbuka sepenuhnya.

Bunga anggrek dendrobium bracteosum dapat bertahan sangat lama dan dapat bertahan dalam kondisi sempurna hingga 5 – 6 bulan. Kelopak dari kedua lingkaran bunga berwarna putih, kehijauan, kuning, merah muda, ungu, atau merah tua. Terlepas dari warna serpihan kedua lingkaran, bibir yang tajam selalu merah atau kuning dan jingga, meskpiun memiliki garis-garis ungu pucat.

Anggrek dendrobium bracteosum termasuk epifit tumbuh kecil sampai sedang mencapai tinggi 25 cm – 50 cm dengan berumbai. Batang anggrek ini memiliki panjang 20 cm – 40 cm kekuningan tertutup selubung tipis dan terdapat hingga 6 batang, yang berikat menjadi lonjong dan meruncing di kedua ujungnya berbentuk daun dengan panjang 4 cm – 8 cm daunnya berwarna hijau. Untuk pencahayaannya anggrek spesies ini membutuhkan tingkat cahaya 10.000 – 20.000 lux. Sepanjang tahun, anggrek dendrobium bracteosum membutuhkan suhu rata-rata saat siang hai sekitar 30 - 31 , sedangkan saat malam hari suhu rata-rata yang dibutuhkan sekitar 20 - 21 yang memberikan ampliudo harian 9 - 11.


Anggrek Dendrobium bracteosum membutuhkan kelembaban hampir 75% sepanjang tahun. Namun pada malam hari kelembaban 90% - 100% dan pada musim kemarau kelembaban pada siang hari turun bahkan hingga 35%. Anggrek spesies ini dapat di tanam di batang bawah pohon pakis, asalkan kelembaban tinggi terjamin dan penyiraman setidaknya sekali sehari selama musim panas. Anggrek Dendrobium bracteosum juga bisa di tanam di pot dangkal yang diisi dengan tanah yang gembur dan cepat kering.

Penggantian pot (repotting) bisa dilkukan kapan saja saat akar baru tumbuh. Pada saat melakukan repotting jangan buang tunas lama karena bunga dapat muncul di atasnya selama beberapa tahun. Penggunaan pupuk dianjurkan ½ dosis untuk anggrek. Pupuk berkelanjutan harus diterapkan setiap minggu atau setiap dua minggu sepanjang tahun. Tanaman yang tumbuh cepat dan menggunakan lebih banyak pupuk daripada jenis Dendrobium lainnya.

Sumber referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Dendrobium_bracteosum

https://travaldo.blogspot.com/2018/01/dendrobium-bracteosum-care-and-culture.html

 

Itulah informasi dari kami tentang anggrek dendrobium bracteosum. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya