Anggrek Dendrobium spectabile


Klasifikasi Ilmiah Anggrek Dendrobium spectabile

Kerajaan        : Plantae

Divisi              : Tracheophyta

Kelas              : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Genus             : Dendrobium

Spesies          : Dendrobium spectabile

Nama binomial: Dendrobium spectabile (Blume) Miq.


Anggrek dendrobium spectabile merupakan spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam family Orchidaceae yang dideskripsikan oleh Friedrich Anton Wilhelm Miquel pada tahun 1859. Anggrek dendrobium spectabile berasal dari New Guinea, Bougainveille, Kepulauan Solomon dan Vanuatu yang tumbh di pohon di hutan rawa, dataran rendah, di hutan pegunungan dan di perkebunan pohon kelapa. Anggrek dendrobium juga terdapat di Indonesia yang tumbuh di Papua. Anggrek spesies ini yang termasuk jenis dendrobium yang paling diincar atau diminati oleh para kolektor anggrek karena harganya yang mahal dan bunganya unik seperti cumi-cumi. Anggrek dendrobium spectabile disebut juga sebagai “The Alien Orchid” alasannya karena keunikan dari bunganya tersebut.


Sinonim Anggrek Dendrobium spectabile

Anggrek dendrobium spectabile memiliki nama sinonim, antara lain :

  • The Grand Dendrobium
  • Callista spectabile
  • Dendrobium spectabile f. aurea
  • Dendrobium tigrinum
  • Latoruea spectabilis
  • Latouria spectabilis
  • Latuororchis spectabile
  • Sayeria spectabilis

Anggrek dendrobium spectabile tumbuh di tanah yang berlumut dan gambut dari permukaan laut kisaran 1.100 meter. Tanaman anggek spesies ini mampu bertahan dari paparan sinar matahai penuh dan suhu tinggi di ketinggian yang lebih rendah, tetapi tumbuh lebih baik di tempat yang lebih dingin dan teduh di ketinggian yang tinggi.

Untuk pencahayaannya, anggrek dendrobium membutuhkan tingkat cahaya sekitar 25.000 – 35.000 lux. Tanaman anggrek ini tubuh dengan baik di tempat teduh tetapi secara bertahap harus menyesuaikan diri dengan sinar maahri penuh. Kita harus tetap memperhatikan pergerkana udara yang kuat. Anggrek dendrobium spectabile merupakan tanaman termofilik. Di sepanjang tahun, anggrek akan terus hidup dengan suhu rata-rata siang hari sekitar 29  – 32 , sedangkan pada malam hari suhu rata-rata sekitar 19 – 21 .

Anggrek spesies ini membutuhkan kelembaban sekitar 75% - 80% sepanjang tahun. Namun, dalam cuaca panas, kelembaban mungkin lebih rendah dalam sore hari. Anggrek dendrobium spectabile dapat dipasang pada pakis pohon atau di tanam dalam pot dengan subtrat yang longgar, lapang, dan cepat kering. Untuk penggantian pot (repotting) bisa dilakukan kapan saja begitu akar baru tumbuh. Tanaman anggrek ini tumbuh subur di pot pakis pohon yang cepat mengalirkan air.


Apabila curah hujan sedang sepanjang tahun dan kondisinya sedikit lebih kering dari akhir musim gugur hingga musim semi. Tanaman harus dibiarkan sedikit mengering di antara penyiraman berikutnya, tetapi tidak boleh mengering untuk jangka waktu yang lebih lama. Anggrek dendrobium spectabile ini harus juga diberikan pupuk setiap minggu dengan ¼ sampai ½ dari dosis pupuk yang dianjurkan untuk anggrek. Pemberian pupuk berimbang harus dilakukan setiap minggu atau setiap dua minggu sepanjang tahun. Pemupukan di musim dingin harus dikurangi.

Sumber referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Dendrobium_spectabile

https://travaldo.blogspot.com/2018/02/dendrobium-spectabile-care-and-culture.html

Itulah informasi dari kami tentang anggrek dendrobium spectabile. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya