Anggrek Larat


Anggrek Larat merupakan salah satu anggrek identitas Maluku, Indonesia. Anggrek Larat memiliki nama ilmiah Dendrobium phalaenopsis. Anggrek larat dalam bahasa Inggris disebut Cooktown Orchid. Nama anggrek larat diambil dari nama Pulau Larat yang ada di Kepulauan Maluku. Pulau Larat merupakan pulau dimana anggrek larat pertama kali ditemukan. Seperti halnya anggrek lainnya, anggrek larat juga termasuk tumbuhan epifit.

Upaya konservasi anggrek larat pernah menjadi sangat terkenal di kalangan para pecinta tanaman anggrek karena hingga saat ini banyak sekali anggrek hibrida komersial dendrobium yang merupakan hasil persilangan dari anggrek spesies (anggrek alami) jenis ini. Spesies anggrek larat ini juga menjadi salah satu dari 12 spesies anggrek kategori langka dan dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999, yang mana bunga anggrek larat ditetapkan sebagai flora identitas Provinsi Maluku (dikutip dari https://alamendah.org/)


Klasifikasi Ilmiah Anggek Larat

Adapun klasifikai ilmiah anggrek larat dikutip dari https://www.tipsrawatrumah.com/ , antara lain :

  • Kingdom         : Plantae
  • Subkingdom  : Tracheobionta
  • Super divisi    : Spermatophyta
  • Divisi               : Magnoliophyta
  • Kelas               : Liliopsida
  • Sub kelas        : Liliidae
  • Ordo               : Orchidales
  • Family             : Orchidaceae
  • Genus             : Dendrobium
  • Spesies           : Dendrobium Phalaenopsis

Habitat Anggrek Larat

Anggrek larat habitat aslinya di daerah agak kering dengan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Anggrek larat tumbuh di daerah dengan suhu antara 50 sampai 90. Jika tanaman anggrek larat berada pada suhu yang sedikit lebih tinggi atau rendah, anggrek larat masih tetap toleran dan tidak menimbulkan efek buruk bagi tanaman. Anggrek larat tanaman endemik Maluku dapat hidup pada kelembaban antara 50% dan 60%. Secara umum dapat dikatakan bahwa anggrek larat hidup pada kelembaban rendah dan agak kering. Suhu dingin yang lembab dapat menyebabkan anggrek larat yang sedang berbunga menjadi busuk (dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Anggrek_larat)


Karakteristik Anggrek Larat

Batang

Anggrek larat merupakan anggrek jenis epifit. Anggrek larat memiliki batang berbentuk ganda dengan pangkal berukuran kecil, bagian tengah membesar dan ujungnya mengecil.

Daun

Anggrek larat memiliki daun kelopak berbentuk lanset, berwarna keunguan. Daun mahkota lebih pendek, tetapi lebih besar dari pada kelopaknya. Pangkalnya sempit dengan ujungnya runcing dan berwarna keungan. Bibir bertajuk tiga membentuk corong dengan tajuk tengahnya yang lebar dan runcing. Buah anggrek larat berbentuk jorong dengan panjang 3,2 cm, namun bunga anggrek larat jarang menjadi buah (dikutip dari https://alamendah.org/)

Semakin sehat daun tanaman anggrek larat, maka bunganya juga akan mekar dengan baik. Daun anggrek larat berbentuk panjang dengan daging daun yang tebal. Daun anggrek larat ini memiliki tekstur kaku dengan warna mulai dari hijau muda sampai hijau tua dan mengkilat dibagian permukaan daun. Daun tersusun melekat pada batang, saling melekan dengan daun lain. (dikutip dari https://www.tipsrawatrumah.com/)

Bunga

Anggrek larat memiliki bunga yang berwarna keunguan pucat hingga ungu tua. Tersusun dala bentuk tandan yang tumbuh pada buku-buku batangnya dan agak menggantng. Panjang tandan bunga anggrek larat kurang lebih 60 cm dengan jumlah bunga tiap tandan sebanyak 6 – 24 kuntum. Masing-masing bunga bergaris tengah kurang lebih 6 cm. (dikutip dari https://www.greeners.co/)

Itulah informasi dari kami tentang anggrek larat. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya