Anggrek Phalaenopsis tetraspis

Anggrek Phalaenopsis tetraspis merupakan salah satu tanaman anggrek yang besifat monopodial epfifit tryavyanistoe dari keluarga Orchidaceae. Nama ilmiah Phalaenopsis tetraspis biasanya digunakan dalam sumber-sumber berbahasa Rusia, sedangkan nama inggros dari spesies anggrek ini adalah The Four Sheild Phalaenopsis. Spesies anggrek phalaenopsis tetraspis ini tumbuh di Sumatera, Kepulauan Andaman dan pulau Nicobar pada ketinggian sekitar 0 meter. Tanaman anggrek phalaenopsis tetraspis ini perbungaannya di musim semi dengan empat hingga delapan bunga. Bunga anggrek phalaenopsis tetraspis berukuran 4 sampai 5 cm dan memiliki aroma harum.

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Phalaenopsis tetraspis

Klasifikasi ilmiah anggrek Phalaenopsis tetrapis sebagai berikut :

Kerajaan      : Plantae

Divisi           : Magnoliophyta

Kelas           : Liliopsida

Ordo            : Asparagales

Family         : Orchidaceae

Subfamily    : Epidendroideae

Suku            : Vandeae

Genus         : Aeridinae

Marga          : Phalaenopsis

Spesies       : Phalaenopsis tetraspis

Nama binomial : Phalaenopsis tetraspis Rchb.f. 1870

Sinonim Anggrek Phalaenopsis tetraspis

Anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki nama sinonim sebagai berikut :

  • Phalaenopsis barrtii King ex Hook.f.
  • Phalaenopsis speciosa Rchb.f.
  • Phalaenopsis speciosa var. christiana Rchb.f.
  • Phalaenopsis speciosa var. imperatrix Rchb.f.
  • Polychilos speciosa (Rchb.f.) Shim

Karakteristik Anggrek Phalaenopsis tetraspis

Anggrek Phalaenopsis tetraspis memiliki karakteristik sebagai berikut :

Batang

Batang anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki ukuran yang pendek tersembunyi oleh pangkal daun.

Daun

Daun anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki daun mulai dari 4 hingga 9 helai. Daunnya menyempit di pangkalnya. Daun anggrek ini memiliki ukuran panjang mencapai 20 cm.

Tangkai

Tangkai anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki tangkai abadi. Tangkai anggrek spesies ini menggantung yang memiliki beraneka warna. Ukuran tangkai anggrek phalaenopsis tetraspis lebih panjang daripada daunnya.


Bunga

Bunga anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki ukuran diameter 4- 5 cm. Bunganya memiliki aroma floral yang menyenangkan dengan sentuhan lebah lili. Bau dari bunga anggrek phalaenopsis tetraspis muncul pada selang 4 – 5 hari pada saat pembungaan.

Bunga anggrek phalaenopsis tetraspis memiliki warna bunga yang sangat bervariasi. Kelopak bunganya berwarna putih bersih atau kehijauan ditutupi dengan garis-garis merah – cokelat yang langka. Bibir dan kolom bunganya berwarna putih. Pada bagian bibir terdapt 2 bintik kuning dan 1 bintik ungu.

Anggrek phalaenopsis tetraspis puncak berbunganya di musim semi sampai musim panas. Tanaman dewasa anggrek spesies ini banyak tangkai yang dapat menghasilkan beberapa lusin bunga anggrek. Bunganya bertahan dan tidak layu selama 10 – 30 hari. Anggrek phalaenopsis ini berbeda dari phalaenopsis speciose dalam detail struktur bunga dan daun yang lebih gelap dan lebih tebal.

Habitat Anggrek Phalaenopsis tetraspis

Anggrek phalaenopsis tetraspis berada di hutan dataran tinggi dan hutan bakau. Lokasi tanaman anggrek yang ditemukan ini dicirikan sebagai tanaman yang sangat teduh. Suhu yang sesuai untuk anggrek phalaenopsis tetraspis adalah saat siang hari sekitar 30 - 32 dan malam hari sekitar 25. Untuk kelembabannya, anggrek ini relatif berkisar dari 80% di musim dingin hingga 90% di waktu lain sepanjang tahun.

Sumber referensi :

https://ru.wikipedia.org/wiki/Phalaenopsis_tetraspis

https://orchids.fandom.com/wiki/Phalaenopsis_tetraspis

https://www.six-orchids.de/en-gb/phalaenopsis-tetraspis

Itulah informasi dari kami tentang anggrek phalaenopsis tetraspis . Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/ 

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya