Anggrek Tanah

Anggrek tanah merupakan jenis anggrek mampu tumbuh dengan media tanah seperti tanaman hias lainnya. Sebagai tanaman semak yang berumpun, anggrek tanah baik digunakan sebagai border pada tempat yang mendapat cahaya matahari. Sering juga dipakai untuk mengisi bak tanaman atau bidang bawah jendela kamar. Secara alami Anggrek Tanah tumbuh menjuntai membentuk rangkaian yang mampu menutupi dinding dan permukaan tanah.

Anggrek yang satu ini juga termasuk dalam kategori tanaman Anggrek yang cukup mudah untuk di budidayakan dan perawatannya pun sangat gampang. Hal ini karena Anggrek ini lebih suka ditaman ditempat terbuka yang dapat menerima sinar matahari secara langsung.

Pada umumnya anggrek merupakan tanaman epifit yang secara alami banyak tumbuh menempel pada dahan pohon. Sehingga dalam pembudayaan selanjutnya memerlukan media yang serupa dengan karakter tersebut, maka tanaman anggrek tanah ini sedikit berbeda.


Karakteristik Anggrek Tanah

Tanaman anggrek tanah memiliki karakteristik sebagai berikut :

Akar anggrek tanah

Pada bagian akar memiliki akar dengan lapisan velamen dan berongga. Lapisan tersebut juga digunakan untuk menyerap air yang jatuh dari kulit pohon atau media tanam. Bentuk dari akar anggrek epifit ini memiliki serabut yang cukup pendek dan ada juga yang tidak berserabut. Dan sedangkan untuk jenis terrestrial memiliki rambut akar yang panjang dan rapat yang berguna menyerap zat organik dan air dari tanah.

Batang anggek tanah

Batang tanaman anggrek memiliki tipe anggreksimpodial dan monopodial. Pada umumnya tanaman anggrek terestik memiliki batang yang pendek dan beruas hampir mirip seperti umbi.

Daun anggrek tanah

Daun anggrek tanah tubuh subur muncul berumpun dari permukaan tanah tubuh subur muncul berumpun dari permukaan tanah dan berwarna hijau terang. Diantara daun-daun tersebut muncul tangkai bunga yang panjangnya dapat mencapai 40 cm atau lebih. Masing-masing menopang cluster bnga yang muncul berwarna ungu atau putih pada setiap ujungnya

Warna bunga anggrek tanah

Bunga anggrek tanah ini memiliki daun yang memiliki warna bervariasi, mulai dari ungu tua, ungu muda, merah ungu, pink, orange, cokelat dan juga putih. Jika kita amati rangkaian bunganya baru kita menyadari bahwa jenis ini merupakan anggota keluarga anggrek.

Tanaman hias anggrek tanah tidak terlalu menyukai tanah yang basah, dalam kondisi kering selama beberapa saat sebelum penyiraman berikutnya justru akan merangsang munculnya tunas bunga. Akarnya juga tidak tumbuh terlalu menyukai tanah yang berada dalam kondisi lembab. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur sistem drainase yang baik pada anggrek tanah ini, terutama jika ditempatkan di box tanaman sebagai penghias tanaman rumah.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek tanah. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

 

 

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya