Anggrek Vanda Alpina

Anggrek Vanda Alpina merupakan anggrek salah satu spesies anggrek vanda yang berasal dari Himalaya Barat, Assam, Himalaya Timur, Nepal Bhutan, Sikkim, dan Cina Selatan tumbuh pada ketinggian 1200 meter hingga 2000 meter yang hidupnya epifit dengan batang yang diselimuti oleh selubung bantalan.

Beberapa sinonim dikenal untuk spesies ini seperti Luisia alpine Lindl 1838, Stauropsis alpine (Lindl.) Tang & FTWang 1951, Trudelia alpine (Lindl.) Garay 1986. Anggrek Vanda alpine ditemukan pada tahun 1836 oleh Gibson di India. Kemudian ia mengirimkan tumbuhan tersebut ke Inggris, dimana tumbuhan ersebut dideskripsikan oleh Lindley pada tahun 1838 sebagai Luisia alpin.

Garay memperkenalkan pada tahun 1986 genus rudelia dengan Trudelia alpine sebagai spesies jenis, yang sekarang dianggap sebagai sinonim untuk Vanda. Vanda griffithii yang sangat mirip terkadang identk dengan Vanda alpine. Spesies lain yang disusun oleh Trudelia juga sangat mirip seperti Vanda cristata dan Vanda chlorosanthes.

Anggrek Vanda alpina memiliki bunga yang berdaging berwarna hijau kekuningan dengan diameter berukurn 12 cm sampai 2 cm. sepal berbentuk oval sempit dengan pajang 1,1 cm sampai 1,5 m dan lebar 0,4 smpai 0,6 cm yang eruncing pada bagian pangkal berbentuk biji.

Kelopak anggrek vanda alpina sedikit lebih keil dan bentuknya agak asimetris. Bibir bunga tidak memiliki tonjolan yang menonjol pada dasarnya, tetapi bagian bawah longgar. Lobus bulat kecil dari bibir trilob tegak lurus dan berwarna hijau di luar, kemerahan di dalam. Ujung lobus tengah sedikit ditarik yang memiliki dua pelengkpa melengkung berbentuk tanduk di depan.

Anggrek vanda alpina sangat hidrofiliki. Di musim panas, tanaman tumbuh sangat cepat dan membutuhkan lebih banyak air. Jadi anggrek vanda alpina dapat disiram sehar dua kali tanpa takut busuk pada akarnya jika ditanam dalam wadah tanpa bahan baku. Sedangkan di musim dingin, penyiraman cukup seminggu dua kali. Tandanya jika daunnya lunak dan keriput berarti tanaman anggrek vanda alpine sangat dehidrasi yang mana kita harus menyiramnya. Anggrek vanda alpine slit berbunga juka kekurangan air.


Anggrek vanda alpina dapat ditanam dalam pot dengan arang dan batu, juga bisa ditanam dalam keranjang tanpa bahan tanaman. Mengganti pot secara teratur sekitar 4 – 5 tahun ntuk mengganti. Jika pot di batok kelapa atau kulit kayu harus diganti dengan pot baru sekitar 2 tahun sekali.

Anggrek vanda alpina menyukai kelembaban sekitar 60% - 70% pada siang hari, sedangkan pada malam hari sekitar 90% - 95%, tanaman anggrek vanda akan tumbuh lebih cepat. Jika kekurangan kelembaban, tanaman anggrek akan mongering di akar dan menyebabkan daun layu yang mana anggrek akan sulit berbunga.

Anggrek vanda alpina di musim semi harus memberikan lebih banyak pupuk untuk merangsang pertumbuhan dan pembungaan, sedangkan di musim dingin penyiraman atau pemupukan harus dikurangi. Saat anggrek vanda berbunga, harus terus melakukan pemupukan karena untuk memberi makanan pada daun dan bunga.

Di luar ruangan, kita dapat menanam anggrek vanda alpina dengan menggunakan jarring 50% - 55% untuk menyaring cahaya. Anggrek vanda alpina menyukai lebih banyak cahaya daripada anggrek cattleya tetapi tidak langsung terkena sinar cahaya matahari karena nanti daunnya akan terbakar. Tandanya jika daunnya hijau tua artinya kurang cahaya mungkin tidak berbunga, sedangkan daunnya menguning artinya terlalu banyak cahaya.

Anggrek vanda alpina menyukai suhu pada siang hari 70 – 90 sedangkan pada malam hari mulai dari 50 - 60. Jika suhu tinggi maka kita dapat menyiram lebih sering sekitar 2 – 3 kali sehari. Saat suhu rendah penyiraman jangan terlalu banyak karena nanti anggrek mudah terserang jamur dan cacat daun dari akarnya.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/ 

Itulah informasi dari kami tentang anggrek vanda alpina. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya