Persilangan artinya mengawinkan 2 jenis tanaman yang berlainan. Tujuan persilangan adalah untuk mengumpulkan dua sifat yang baik dari kedua jenis tanaman induk untuk memperoleh kombinasi sifat yang diinginkan. Pada tanaman anggrek bunganya mempunyai struktur yang khusus, sehinga penyerbukan sendiri (selfing) tidak mungkin dilakukan. Penyerbukan dapat terjadi karena bantuan serangga atau manusia. Sifat ini menyebabkan timbulnya keinginan manusia untuk mencoba menyilangkan tanaman anggrek dengan lainnya. Persilangan pada anggrek menyebabkan timbulnya banyak sekali hibrida dengan bunga yang memiliki corak, warna dan bentuk yang sangat beragam.

Untuk melakukan persilangan sebaiknya dipilih bunga betina yang sudah mekar 4 hari. Pemilihan induk harus mengenal sifat dominan resesif masing-masing tanaman. Persilangan dapat dilakukan antara bunga itu sendiri, untuk menghasilkan tanaman homozigot. Penyerbukan pada anggrek sangat mudah yaitu dengan jalan memindahkan pollina atau pollinaia ke dalam stigma bunga anggrek yang telah masak.

Cara menyilangkan ada 2 cara, yaitu :

Pollinaria yang memiliki perekat, disentuh dengan menggunakan tusuk gigi atau jarum preparat supaya menempel pada tusuk gigi/jarum preparat, setelah itu pollinaria diletakkan pada stigma.

Pollinia yang tidak memiliki perekat, disentuh dengan tusuk gigi/jarum preparat dijatuhkan pada kertas yang sudah disiapkan. Tusuk gigi kemudian dimasukkan ke dalam lubang stigma supaya ujungnya terkena lender. Dengan lender pada ujung tusuk gigi pollinia dapat diambil, dibawah dan diletakkan pada stigma.

Untuk menghindari terjadinya gangguan oleh serangga yang mungkin ebawa pollinia ke stigma yang sudah diserbuki lebih dahulu, bunga yang sudah disilangkan ditutup plastic transparan, diberi kode nama kedua induk jantan dan betina dan tanggal penyerbukan dilakukan.

Keberhasilan penyerbukan pada anggrek tergantung pada :

Pertumbuhan tanaman induk jantan maupun tanaman induk betina yang sehat akan menghasilkan gamet yang sehat juga.

Penyimpanan pollinia/pollinaria yang terlalu lama akan menyebabkan kegagalan penyerbukan.

Anggrek yang berpollinia sebaiknya dikawinkan dengan yang berpollina juga, demikian juga yang berpollinaria dengan yang berpollinaria.

Bunga anggrek yang gynosteniumnya panjang sebaiknya dipakai untuk induk jantan yang pendek untuk induk betina.

Pada musim hujan, bunga yang sudah dikawinkan sebaiknya diselubungi dengan plastic transparan.

Temperature yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menyebabkan kegagalan penyerbukan.

Penyerbukan sebaiknya dilakukan pada siang bila cuaca agak kering.

Cara persilangan pada bunga anggrek

Siapkan bunga anggrek jantan dan betina.

Sentuh pollinia atau pollinaria dengan tusuk gigi supaya terlepas dari tangkainya.

Tamping pada kertas yang sudah disiapkan.

Sentuhkan ujung tusuk gigi pada stigma sehingga lendirnya menempel pada ujung tusuk gigi.

Tusuk gigi yang sudah berlendir dipakai untuk mengambil pollinia atau pollinaria untuk membawanya ke stigma.

Bunga yang sudah disilangkan diselubungi plastic transparan, diberi label tanggal persilangan dan nama induk jantan dan induk betina.

Buah hasil persilangan akan masak sekitar 3 – 6 bulan tergantung jenis anggreknya.

Sumber referensi https://docplayer.info/44791266-Persilangan-dan-aklimatisasi-pada-bibit-anggrek.html

Itulah informasi dari kami tentang persilangan bunga anggrek. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek 

 Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya