Penanaman Anggrek Tanah

Pengertian penaaman di tanah, tidak seperti penanaman durian, jambu, misalnya dengan menggali lubang tanam beberapa puluh sentimeter. Anggrek tanah (vanda douglas) sebenarnya lebih tepat dikatakan menanam di atas tanah sedikit menggantung sementara batang anggrek berpengangan pada ajir.

Cara menanam anggrek tanah sebagai berikut :

  • Lubang tanam anggrek tanah

Lubang tanam dibuat dengan ukuran lebar 30 cm, bagian dalam 10 cm dan panjangnya disesuaikan dengan kebun. Apabila lahan yang akan ditanam panjangnya 35 meter, sebaiknya setiap 10 cm dibuat jalan, yang tujuannya untuk memudahkan penyiraman. Lubang tanam di usahakan tidak tergenang air pada waktu penyiraman atau pada waktu hujan.


  • Memasang ajir anggrek tanah

Setelah selesai membuat lubang, langkah selanjutnya adalah memasang ajir untuk menyangga tanaman anggrek tanah. Ukuran ajir tingginya kurang lebih 2,5 meter, lalu ajir di tanam sedalam 50 cm. Jarak antar ajir sekitar 1,5 meter, sedangkan tiap lubang ditanam 2 baris.

Ajir selain digunakan untuk menyangga tanaman anggrek juga dapat memberikan kesan rapi dan teratur pada susunan tanaman anggrek tanah. Tujuannya dipasang agar lebih mudah untuk melakukan pemeliharaan, lebih efisien dalam pemanfaatan tempat, dan pemanfaatan sinar matahri dalam berfotosintesis. Dengan demikian, ajir itu sangat menentukan tingkat kesehatan tanaman anggrek tanah sehingga pada akhirnya menentukan keberhasilan dalam memproduksi bunga anggrek.

Ajir biasanya terbuat dari bambu. Dalam hal ini, kita tidak perlu membuat ajir untuk setiap tanaman anggrek tanah, akan tetapi beberapa tanaman dikelompokkan dalm jajaran. Lalu, diapit dengan reng yang terbuat dari bambu yang ujungnya diikat dengan ajir. Tinggi penempatan jajaran reng yang mengapit tanaman anggrek tanah disesuaikan dengan tinggi tanaman. Anggrek tanah yang sudah cukup tinggi perlu dibuat jajaran pengapit tanaman.

  • Menanam anggrek tanah

Bibit yang akan kita tanam memiliki panjang paling sedikit 30 cm. Bibit sebaiknya didapatkan dari stek tanaman yang sudah cukup tinggi, kurang lebih 1 meter. Sehingga satu bulan tanaman anggrek biasanya sudah mulai berbunga.

Jarak tanam yang satu dengan yang lainnya adalah 10 cm, kemudian jajaran tanaman yang kita atur rapi diapit dengan reng yang ujungnya kita ikatkan dengan ajir dan kita usahakan posisi tanaman itu dalam keadaan tegak.

Setelah semua tanaman berdiri tegak, lubang tanam tadi diisi dengan pupuk kandang, dan diatasnya disusn sabut kelapa atau menggunakan serutan kayu. Diusahakan penyusunan sabut kelapa atau serutan kayu menutupi semua akar yang keluar.


  • Menanam anggrek tanah di pot

Ukuran pot disesuaikan dengan besarnya tanaman anggrek tanah dan jenis anggrek yang akan ditanam. Misalnya anggrek phalaenopsis yang memiliki perakaran tidak dalam, maka tidak perlu diberi pot yang dalam. Namun, lain halnya dengan anggrek vanda yang harus ditanam dalam pot yang dalam.

Masa Panen Anggek Tanah

Anggrek Tanah memiliki peluang yang sangat luas untuk dikembangkan di Indonesia sebagai komoditas bunga potong. Anggrek ini disamping harganya murah, perawatannya pun mudah dapat berbunga setiap saat.


Anggrek sebagai komoditas bunga potong yang dibudidayakan secara sunggh-sungguh akan memberikan hasil bunga anggrek yang berkualitas baik dan dalam penanganan pascapanennya harus benar-benar diperhatikan. Kualitas bunga anggrek yang diharapkan adalah keanekaragaman warna dan bentuk serta keawetan bunga potongnya.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek tanah. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/

 


0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya